Abimanyu Anggit Widada, . (2025) STRATEGI PEMASARAN FROZEN FOOD BU SRI DI WIROKRAMAN SIDOKARTO KAPANEWON GODEAN KABUPATEN SLEMAN. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
|
Text
1_Cover_135200064_Abimanyu Anggit Widada.pdf Download (153kB) |
|
|
Text
2_Abstrak_135200064_Abimanyu Anggit Widada.pdf Download (228kB) |
|
|
Text
3_Halaman Pengesahan_135200064_Abimanyu Anggit Widada.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
4_Daftar Isi_135200064_Abimanyu Anggit Widada.pdf Download (285kB) |
|
|
Text
5_Daftar Pustaka_135200064_Abimanyu Anggit Widada.pdf Download (189kB) |
|
|
Text
6_Fulltext_135200064_Abimanyu Anggit Widada.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mengidentifikasi faktor internal dan eksternal dari UMKM Frozen Food Bu Sri yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman. (2) Menganalisis alternatif strategi pemasaran yang sesuai untuk UMKM Frozen Food Bu Sri dan (3) Menganalisis prioritas strategi pemasaran yang tebaik untuk diterapkan pada UMKM Frozen Food Bu Sri. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus. Metode pengambilan responden secara purposive. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, Focus Group Discussion (FGD), dokumentasi, dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah matriks IFE, EFE, IE, SWOT, dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Faktor internal dan eksternal dari UMKM Frozen Food Bu Sri yang menjadi kekuatan adalah produk lemper menggunakan bahan baku yang berkualitas, memiliki sertifikasi halal dan PIRT, Melayani konsumen dengan baik (5s), dan pembukuan keuangan rutin. Faktor yang menjadi kelemahan yakni daya tahan lemper frozen hanya sehari setelah dikeluarkan dari stok dan proses produksi masih dilakukan secara manual sehingga HPP tinggi dan harga jual menjadi mahal. Faktor yang menjadi peluang yaitu pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Faktor yang menjadi ancaman ialah banyaknya pesaing produk sesama lemper. (2) Alternatif strategi pemasaran yang sesuai untuk UMKM Frozen Food Bu Sri adalah alternatif strategi SO (Strengths-Opportunitties) yang meliputi memaksimalkan promosi varian isi produk yang beragam melalui media sosial; menawarkan lemper frozen di berbagai event UMKM dan memanfaatkan pelanggan loyal untuk ekspansi pasar dengan sistem referral (rujukan). (3) Prioritas strategi pemasaran yang tebaik untuk diterapkan pada UMKM Frozen Food Bu Sri adalah memaksimalkan promosi varian isi produk yang beragam melalui media sosial.
Kata Kunci: Lemper, Strategi Pemasaran, 9P, SWOT, QSPM.
| Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | ABIMANYU ANGGIT WIDADA (Penulis - 135200064) ; DWI AULIA PUSPITANINGRUM (Pembimbing) |
| Uncontrolled Keywords: | Lemper, Strategi Pemasaran, 9P, SWOT, QSPM |
| Subjek: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
| Divisions: | Fakultas Pertanian > (S1) Agribisnis |
| Depositing User: | Indah Lestari |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 00:47 |
| Last Modified: | 30 Oct 2025 00:47 |
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45185 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
