STRATEGI PEMASARAN FROZEN FOOD BU SRI DI WIROKRAMAN SIDOKARTO KAPANEWON GODEAN KABUPATEN SLEMAN

Abimanyu Anggit Widada, . (2025) STRATEGI PEMASARAN FROZEN FOOD BU SRI DI WIROKRAMAN SIDOKARTO KAPANEWON GODEAN KABUPATEN SLEMAN. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1_Cover_135200064_Abimanyu Anggit Widada.pdf] Text
1_Cover_135200064_Abimanyu Anggit Widada.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 2_Abstrak_135200064_Abimanyu Anggit Widada.pdf] Text
2_Abstrak_135200064_Abimanyu Anggit Widada.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 3_Halaman Pengesahan_135200064_Abimanyu Anggit Widada.pdf] Text
3_Halaman Pengesahan_135200064_Abimanyu Anggit Widada.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4_Daftar Isi_135200064_Abimanyu Anggit Widada.pdf] Text
4_Daftar Isi_135200064_Abimanyu Anggit Widada.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of 5_Daftar Pustaka_135200064_Abimanyu Anggit Widada.pdf] Text
5_Daftar Pustaka_135200064_Abimanyu Anggit Widada.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 6_Fulltext_135200064_Abimanyu Anggit Widada.pdf] Text
6_Fulltext_135200064_Abimanyu Anggit Widada.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://upnyk.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mengidentifikasi faktor internal dan eksternal dari UMKM Frozen Food Bu Sri yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman. (2) Menganalisis alternatif strategi pemasaran yang sesuai untuk UMKM Frozen Food Bu Sri dan (3) Menganalisis prioritas strategi pemasaran yang tebaik untuk diterapkan pada UMKM Frozen Food Bu Sri. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus. Metode pengambilan responden secara purposive. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, Focus Group Discussion (FGD), dokumentasi, dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah matriks IFE, EFE, IE, SWOT, dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Faktor internal dan eksternal dari UMKM Frozen Food Bu Sri yang menjadi kekuatan adalah produk lemper menggunakan bahan baku yang berkualitas, memiliki sertifikasi halal dan PIRT, Melayani konsumen dengan baik (5s), dan pembukuan keuangan rutin. Faktor yang menjadi kelemahan yakni daya tahan lemper frozen hanya sehari setelah dikeluarkan dari stok dan proses produksi masih dilakukan secara manual sehingga HPP tinggi dan harga jual menjadi mahal. Faktor yang menjadi peluang yaitu pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Faktor yang menjadi ancaman ialah banyaknya pesaing produk sesama lemper. (2) Alternatif strategi pemasaran yang sesuai untuk UMKM Frozen Food Bu Sri adalah alternatif strategi SO (Strengths-Opportunitties) yang meliputi memaksimalkan promosi varian isi produk yang beragam melalui media sosial; menawarkan lemper frozen di berbagai event UMKM dan memanfaatkan pelanggan loyal untuk ekspansi pasar dengan sistem referral (rujukan). (3) Prioritas strategi pemasaran yang tebaik untuk diterapkan pada UMKM Frozen Food Bu Sri adalah memaksimalkan promosi varian isi produk yang beragam melalui media sosial.

Kata Kunci: Lemper, Strategi Pemasaran, 9P, SWOT, QSPM.

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: ABIMANYU ANGGIT WIDADA (Penulis - 135200064) ; DWI AULIA PUSPITANINGRUM (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Lemper, Strategi Pemasaran, 9P, SWOT, QSPM
Subjek: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > (S1) Agribisnis
Depositing User: Indah Lestari
Date Deposited: 30 Oct 2025 00:47
Last Modified: 30 Oct 2025 00:47
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45185

Actions (login required)

View Item View Item