PELAWI, MAY VLAWINZKY (2025) ANALISIS KUALITAS WEBSITE TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN WEBQUAL 4.0 DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) (STUDI KASUS: SADEWA UPN VETERAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
![]() |
Text
2_Cover_124210050_May Vlawinzky Pelawi.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
3_Abstrak_124210050_May Vlawinzky Pelawi.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
4_Halaman Pengesahan_124210050_May Vlawinzky Pelawi.pdf Download (553kB) |
![]() |
Text
5_Daftar Isi_124210050_May Vlawinzky Pelawi.pdf Download (512kB) |
![]() |
Text
6_Daftar Pustaka_124210050_May Vlawinzky Pelawi.pdf Download (320kB) |
![]() |
Text
1_Skripsi Full_124210050_May Vlawinzky Pelawi.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
SADEWA merupakan website yang digunakan oleh mahasiswa dalam mendukung
aktivitas akademik di UPN "Veteran" Yogyakarta. Website ini menyediakan berbagai layanan
penting seperti administrasi, informasi KKN, informasi Kerja Praktik hingga keperluan tugas
akhir dan wisuda. Namun, seperti sistem informasi akademik lainnya, website ini masih
menghadapi sejumlah tantangan, seperti menu tidak konsisten, informasi yang kurang up to
date, serta munculnya data yang belum pernah ditambahkan pengguna. Masalah-masalah ini
berdampak pada persepsi terhadap kualitas website secara keseluruhan. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna terhadap kualitas website
SADEWA.
Untuk menganalisis kepuasan pengguna, penelitian ini menggunakan model
WebQual 4.0 yang terdiri atas tiga dimensi yaitu usability, information quality, service
interaction quality, dan variabel tambahan user satisfaction. Selain itu, metode Importance
Performance Analysis (IPA) diterapkan untuk mengidentifikasi prioritas perbaikan pada
indikator layanan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan
kuesioner kepada mahasiswa aktif yang pernah menggunakan SADEWA. Data yang
dikumpulkan dianalisis secara deskriptif dan dikaitkan dengan tingkat kesesuaian antara
persepsi pengguna (performance) dan harapan pengguna (importance) pada masing-masing
indikator.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa indikator yang berada pada
Kuadran I (prioritas utama untuk diperbaiki), di antaranya adalah indikator kemudahan untuk
navigasi, tampilan yang atraktif, menyediakan informasi yang up to date, dan menyediakan
informasi yang cukup detail Selain itu, hasil uji hipotesis juga menunjukkan bahwa keempat
variabel WebQual 4.0 berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna.
Penelitian ini memiliki kontribusi pada pengembangan evaluasi kualitas website
akademik dengan pendekatan terpadu antara WebQual 4.0 dan IPA. Keaslian penelitian ini
terletak pada integrasi kedua metode tersebut secara simultan untuk memberikan
rekomendasi perbaikan yang lebih terarah berdasarkan persepsi dan prioritas pengguna.
Hasil penelitian ini diharapkan menjadi acuan bagi pengelola sistem untuk meningkatkan
kualitas website dalam jangka panjang.
Kata kunci: Kepuasan pengguna; WebQual 4.0; Importance Performance Analysis (IPA);
Kualitas website
Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | MAY VLAWINZKY PELAWI (Penulis - 124210050); Juwairiyah (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan pengguna; WebQual 4.0; Importance Performance Analysis (IPA); Kualitas website |
Subjek: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Teknik Industri > (S1) Sistem Informasi |
Depositing User: | UPA Perpustakaan |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 01:40 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 01:40 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44612 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |