USULAN STRATEGI UNTUK PENGEMBANGAN USAHA MERCHANDISE K-POP DENGAN METODE SWOT DAN QSPM

ALFALAH, TAUFAN (2025) USULAN STRATEGI UNTUK PENGEMBANGAN USAHA MERCHANDISE K-POP DENGAN METODE SWOT DAN QSPM. Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2_Cover_122180070_Taufan Alfalah.pdf] Text
2_Cover_122180070_Taufan Alfalah.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 3_Abstrak_122180070_Taufan Alfalah.pdf] Text
3_Abstrak_122180070_Taufan Alfalah.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of 4_Halaman Pengesahan_122180070_Taufan Alfalah.pdf] Text
4_Halaman Pengesahan_122180070_Taufan Alfalah.pdf

Download (497kB)
[thumbnail of 5_Daftar Isi_122180070_Taufan Alfalah.pdf] Text
5_Daftar Isi_122180070_Taufan Alfalah.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of 6_Daftar Pustaka_122180070_Taufan Alfalah.pdf] Text
6_Daftar Pustaka_122180070_Taufan Alfalah.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 1_Skripsi full_122180070_Taufan Alfalah.pdf] Text
1_Skripsi full_122180070_Taufan Alfalah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: upnyk.ac.id

Abstract

GO ENCIT adalah usaha yang bergerak di bidang merchandise Idol K Pop
yang berlokasi di Ciracas, Jakarta Timur. Penjualannya dilakukan melalui sosial
media seperti Twitter, Instagram, Line serta melalui platform e-commerce yaitu
Shopee. Dalam usahanya di penjualan produk GO ENCIT masih kerap menghadapi
beberapa masalah. Permasalahan yang sedang dihadapi oleh bisnis GO ENCIT
seperti masalah pengembangan usaha GO ENCIT serta tidak stabilnya penjualan
merchandise idol K-POP di dalam bisnis GO ENCIT. Sebagai bisnis baru bisnis
merchandise K-pop, pemilik atau owner harus menyusun strategi yang baik agar
dapat bertahan dalam persaingan di bidang usaha ini.
Pengembangan strategi ini dapat dilakukan dengan menggunakan analisis
SWOT dan QSPM. Analisis SWOT dilakukan dengan cara menentukan indikator
indikator SWOT dengan pemilik UMKM GO ENCIT dan mengirim kuisioner
kepada responden. Hasil dari kuisioner akan dipakai untuk perhitungan IFAS,
EFAS, dan IE untuk menentukan alternatif strategi. Kemudian dari hasil IFAS,
EFAS, dan IE akan digunakan untuk melakukan perhitungan analisis QSPM.
Hasil penelitian menyatakan bahwa berdasarkan analisis deskriptif yang
telah ditunjukkan oleh responden GO ENCIT bahwa IFAS menunjukkan 2,97 dan
EFAS menunjukkan pada angka 3,10 sehingga IE yang terbentuk dari perpotongan
IFAS dan EFAS yaitu pada kuadran I dari keseluruhan kuadran IE. Pada kuadran I
membutuhkan mengembangkan dan membangun (grow and build). Berdasarkan
analisis SWOT terdapat enam alternatif strategi akan menghasilkan usulan strategi
pengembangan usaha. Berdasarkan hasil analisis QSPM, strategi yang
diprioritaskan untuk diterapkan oleh UMKM GO ENCIT yaitu yaitu meningkatkan
penjualan dengan endorse dengan skor TAS sebesar 6.234.
Kata Kunci: Pengembangan Usaha, K-Pop Merchandise, SWOT, QSPM

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Taufan Alfalah (Penulis - 122180070 ) ; Eko Nursubiyantoro (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Usaha, K-Pop Merchandise, SWOT, QSPM
Subjek: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Industri > (S1) Teknik Industri
Depositing User: UPA Perpustakaan
Date Deposited: 09 Oct 2025 06:42
Last Modified: 09 Oct 2025 06:42
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44173

Actions (login required)

View Item View Item