Zerlina, Naifah Maharani (2025) STRATEGI PENYESUAIAN KONTEN KOMUNIKASI PEMASARAN @DOWAOFFICIAL DI INSTAGRAM DAN TIKTOK DALAM MENJANGKAU TARGET AUDIENS YANG BERBEDA. Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
1. Skripsi Fulltext_153210208_Naifah Maharani Zerlina.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
2. Cover_153210208_Naifah Maharani Zerlina.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
3. Abstrak_153210208_Naifah Maharani Zerlina.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
4. Lembar Pengesahan_153210208_Naifah Maharani Zerlina.pdf Download (369kB) |
![]() |
Text
5. Daftar Isi_153210208_Naifah Maharani Zerlina.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
6. Daftar Pustaka_153210208_Naifah Maharani Zerlina.pdf Download (180kB) |
Abstract
Sebagai brand lokal yang dikenal dengan produk tas rajut handmade berkualitas,
DOWA menghadapi tantangan dalam beradaptasi dengan dinamika pasar yang
kian berubah, sembari mempertahankan identitas merek dan memperluas target
pasar. DOWA, yang telah berdiri sejak 2008, dikenal sebagai salah satu brand tas
lokal legendaris yang mampu bertahan dan berkembang dalam lanskap industri
fashion Indonesia. Reputasinya yang kuat di kalangan konsumen mature woman
menjadi modal utama, namun sekaligus menjadi tantangan ketika DOWA harus
menyesuaikan diri dengan era digitalisasi dan preferensi konsumen, khususnya
Generasi Z. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penyesuaian konten
komunikasi pemasaran @dowaofficial di media sosial Instagram dan TikTok
dalam rangka menjangkau target audiens yang berbeda, yaitu kelompok mature
woman dan Generasi Z. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara
mendalam, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
DOWA berhasil menjangkau target audiens selain mature woman yaitu adalah
Generasi Z, melalui penyesuaian konten berbasis teori content marketing. Strategi
tersebut didasari dengan dua dimensi yaitu reliability dan persuasion knowledge
yang dikemas dalam tiap konten yang dipublikasikan. Selain itu, prinsip
kepercayaan menjadi fondasi utama dalam mempertahankan identitas brand
sembari menyesuaikan konten secara konsisten dalam lintas platform. Konten di
Instagram tampil lebih estetis, formal, dan naratif, sementara di TikTok lebih
ringan, interaktif, dan trend-oriented. Meskipun gaya penyajian yang berbeda,
konsistensi merek tetap terjaga melalui ciri khas produk dan pesan utama konten,
yaitu mengenai kualitas DOWA dan memungkinkan DOWA menjangkau target
audiens berbeda melalui dua platform secara efektif, tanpa kehilangan esensi
merek.
Kata Kunci: Strategi Konten, Komunikasi Pemasaran, Content Marketing,
Instagram,
TikTok,
Brand
Identity
Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Konten, Komunikasi Pemasaran, Content Marketing, Instagram, TikTok, Brand Identity |
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 04:10 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 04:11 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43668 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |