PENGARUH PERCEIVED VALUE TERHADAP STORYTELLING BEHAVIOR MELALUI AFFECTIVE COMMITMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Wisatawan yang Sedang Berkunjung di Silancur Highland, Magelang)

Arviana, Nerissa (2025) PENGARUH PERCEIVED VALUE TERHADAP STORYTELLING BEHAVIOR MELALUI AFFECTIVE COMMITMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Wisatawan yang Sedang Berkunjung di Silancur Highland, Magelang). Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_152210046_Nerissa Arviana.pdf] Text
Cover_152210046_Nerissa Arviana.pdf

Download (518kB)
[thumbnail of Abstrak_152210046_Nerissa Arviana.pdf] Text
Abstrak_152210046_Nerissa Arviana.pdf

Download (598kB)
[thumbnail of Daftar Isi_152210046_Nerissa Arviana.pdf] Text
Daftar Isi_152210046_Nerissa Arviana.pdf

Download (577kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_152210046_Nerissa Arviana.pdf] Text
Daftar Pustaka_152210046_Nerissa Arviana.pdf

Download (537kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_152210046_Nerissa Arviana.pdf] Text
Lembar Pengesahan_152210046_Nerissa Arviana.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext_152210046_Nerissa Arviana.pdf] Text
Skripsi Fulltext_152210046_Nerissa Arviana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Perceived Value
terhadap Storytelling Behavior melalui Affective Commitment sebagai Variabel
Intervening (Studi pada Wisatawan yang Sedang Berkunjung di Silancur Highland,
Magelang). Populasi penelitian adalah seluruh wisatawan yang sedang berkunjung
di objek wisata Silancur Highland yang jumlah populasinya tidak diketahui secara
pasti. Penelitian ini menggunakan tipe explanatory research dengan menggunakan
metode kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah wisatawan yang sedang
berkunjung dan baru saat itu berkunjung pada destinasi wisata Silancur Highland.
Ukuran sampel dengan 138 responden diperoleh dari perhitungan rumus Machin,
Campbell, Tan, dan Tan. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability
sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan
tabel dan persentase, serta analisis statistik inferensial dengan menggunakan SEM
AMOS, dan uji hipotesis menggunakan uji T untuk menguji hubungan langsung,
uji Sobel untuk menguji hubungan tidak langsung, dan Mann Whitney U Test untuk
menguji perbedaan signifikan storytelling behavior antara laki-laki dan perempuan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel perceived value berpengaruh
signifikan terhadap affective commitment, affective commitment berpengaruh
signifikan terhadap storytelling behavior, perceived value berpengaruh signifikan
terhadap storytelling behavior, perceived value berpengaruh signifikan terhadap
storytelling behavior melalui affective commitment, dan tidak terdapat perbedaan
signifikan storytelling behavior antara laki-laki dan perempuan. Berdasarkan hasil
penelitian, destinasi wisata Silancur Highland diharapkan mampu menciptakan
nilai yang diberikan kepada wisatawan sehingga meningkatkan keterikatan
emosional antara wisatawan dengan destinasi wisata dan mendorong wisatawan
untuk berbagi cerita secara positif mengenai pengalamannya di Silancur Highland.
Kata Kunci: Perceived Value, Affective Commitment, Storytelling Behavior

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perceived Value, Affective Commitment, Storytelling Behavior.
Subjek: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Administrasi Bisnis
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 09 Sep 2025 05:48
Last Modified: 09 Sep 2025 05:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43621

Actions (login required)

View Item View Item