Monica, Elsa Angelina Putri (2025) ANALISIS WACANA KRITIS PENGGUNA MEDIA SOSIAL X TERKAIT FENOMENA FAST BEAUTY DALAM POSTINGAN KOMUNITAS OHMYBEAUTYBANK. Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
2. Cover_153210124_Elsa Angelina Putri Monica.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
3. Abstrak_153210124_Elsa Angelina Putri Monica.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
4. Lembar Pengesahan_153210124_Elsa Angelina Putri Monica.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
5. Daftar Isi_153210124_Elsa Angelina Putri Monica.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
6. Daftar Pustaka_153210124_Elsa Angelina Putri Monica.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
1. Skripsi Fulltext_153210124_Elsa Angelina Putri Monica.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana wacana pengguna media sosial X
dalam komunitas OHMYBEAUTYBANK membentuk pemahaman terhadap fenomena
fast beauty, dengan fokus pada kemungkinan adanya strategi pemasaran terselubung yang
muncul secara horizontal di antara anggota komunitas. Fast beauty, sebagai praktik industri
kecantikan yang menekankan kecepatan produksi dan adaptasi tren, dikritik karena
dampaknya terhadap perilaku konsumtif dan lingkungan. Dalam konteks ini, teori
hegemoni media Gramsci digunakan untuk melihat bagaimana media sosial menjadi alat
dominasi kultural yang membentuk opini publik melalui diskursus digital, sedangkan
konsep stealth marketing menjelaskan bagaimana dinamika wacana dalam komunitas
justru dapat secara tidak sadar mempromosikan brand tertentu yang dianggap sesuai
dengan nilai keberlanjutan dan etika, tanpa intervensi langsung dari brand itu sendiri.
Dengan menggunakan pendekatan Analisis Wacana Kritis (AWK) dari Norman Fairclough,
penelitian ini mengeksplorasi tiga dimensi analisis: teks, praktik diskursif, dan praktik
sosiokultural
untuk
mengkaji unggahan dan interaksi dalam komunitas
OHMYBEAUTYBANK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diskusi yang terjadi
menampilkan kesadaran terhadap isu keberlanjutan mengarah juga pada pengalihan
eksposur brand tertentu dan munculnya dukungan horizontal di antara anggota komunitas.
Hal ini mengindikasikan adanya potensi stealth marketing yang muncul dari dalam
komunitas sendiri, bukan dari strategi langsung brand, dan sejalan dengan hegemoni media
yang membentuk kesadaran kolektif publik.
Kata Kunci: Fast beauty, Stealth marketing, Wacana Digital
Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Elsa Angelina Putri Monica (Penulis-153210124) ; RR. SUSILASTUTI DN (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Fast beauty, Stealth marketing, Wacana Digital |
Subjek: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | A.Md Eko Suprapti |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 06:05 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 06:05 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43508 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |