ANALISIS WACANA KRITIS PENGGUNA MEDIA SOSIAL X TERKAIT FENOMENA FAST BEAUTY DALAM POSTINGAN KOMUNITAS OHMYBEAUTYBANK

Monica, Elsa Angelina Putri (2025) ANALISIS WACANA KRITIS PENGGUNA MEDIA SOSIAL X TERKAIT FENOMENA FAST BEAUTY DALAM POSTINGAN KOMUNITAS OHMYBEAUTYBANK. Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Cover_153210124_Elsa Angelina Putri Monica.pdf] Text
2. Cover_153210124_Elsa Angelina Putri Monica.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153210124_Elsa Angelina Putri Monica.pdf] Text
3. Abstrak_153210124_Elsa Angelina Putri Monica.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153210124_Elsa Angelina Putri Monica.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153210124_Elsa Angelina Putri Monica.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153210124_Elsa Angelina Putri Monica.pdf] Text
5. Daftar Isi_153210124_Elsa Angelina Putri Monica.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153210124_Elsa Angelina Putri Monica.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153210124_Elsa Angelina Putri Monica.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_153210124_Elsa Angelina Putri Monica.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_153210124_Elsa Angelina Putri Monica.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana wacana pengguna media sosial X
dalam komunitas OHMYBEAUTYBANK membentuk pemahaman terhadap fenomena
fast beauty, dengan fokus pada kemungkinan adanya strategi pemasaran terselubung yang
muncul secara horizontal di antara anggota komunitas. Fast beauty, sebagai praktik industri
kecantikan yang menekankan kecepatan produksi dan adaptasi tren, dikritik karena
dampaknya terhadap perilaku konsumtif dan lingkungan. Dalam konteks ini, teori
hegemoni media Gramsci digunakan untuk melihat bagaimana media sosial menjadi alat
dominasi kultural yang membentuk opini publik melalui diskursus digital, sedangkan
konsep stealth marketing menjelaskan bagaimana dinamika wacana dalam komunitas
justru dapat secara tidak sadar mempromosikan brand tertentu yang dianggap sesuai
dengan nilai keberlanjutan dan etika, tanpa intervensi langsung dari brand itu sendiri.
Dengan menggunakan pendekatan Analisis Wacana Kritis (AWK) dari Norman Fairclough,
penelitian ini mengeksplorasi tiga dimensi analisis: teks, praktik diskursif, dan praktik
sosiokultural
untuk
mengkaji unggahan dan interaksi dalam komunitas
OHMYBEAUTYBANK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diskusi yang terjadi
menampilkan kesadaran terhadap isu keberlanjutan mengarah juga pada pengalihan
eksposur brand tertentu dan munculnya dukungan horizontal di antara anggota komunitas.
Hal ini mengindikasikan adanya potensi stealth marketing yang muncul dari dalam
komunitas sendiri, bukan dari strategi langsung brand, dan sejalan dengan hegemoni media
yang membentuk kesadaran kolektif publik.
Kata Kunci: Fast beauty, Stealth marketing, Wacana Digital

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Elsa Angelina Putri Monica (Penulis-153210124) ; RR. SUSILASTUTI DN (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Fast beauty, Stealth marketing, Wacana Digital
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Komunikasi
Depositing User: A.Md Eko Suprapti
Date Deposited: 14 Aug 2025 06:05
Last Modified: 14 Aug 2025 06:05
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43508

Actions (login required)

View Item View Item