Butarbutarzs, Kimberlitta Roganda Nauli (2025) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA ERA MARKETING 6.0 THE HOUSE OF RAMINTEN YOGYAKARTA KOTABARU. Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
2_COVER_153210156_Kimberlitta Roganda Nauli Butarbutar.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
3_ABSTRAK_153210156_Kimberlitta Roganda Nauli Butarbutar.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
4_Lembar Pengesahan_153210156_Kimberlitta Roganda Nauli Butarbutar.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
5_Abstrak_153210156_Kimberlitta Roganda Nauli Butarbutar.pdf Download (349kB) |
![]() |
Text
6_DAFTAR PUSTAKA_153210156_Kimberlitta Roganda Nauli Butarbutar.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
1_SKRIPSI Fulltext_153210156_Kimberlitta Roganda Nauli Butarbutar.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Implementasi Komunikasi Pemasaran pada
era Marketing 6.0 yang diterapkan oleh The House of Raminten Yogyakarta Kotabaru.
Seiring berkembangnya teknologi digital dan perubahan perilaku konsumen, konsep
pemasaran tradisional mengalami pergeseran menuju pendekatan yang lebih imersif dan
berbasis pengalaman. Marketing 6.0 hadir sebagai bentuk pemasaran kontemporer yang
memadukan teknologi dengan nilai-nilai humanistik dan budaya lokal, di mana
pengalaman pelanggan yang holistik menjadi fokus utama. Penelitian ini menggunakan
pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari tim marketing, karyawan,
dan pelanggan The House of Raminten. Penelitian ini mengkaji lima pilar utama dalam
Marketing 6.0: Frictionless Experience, Multisensory Experience, Participate
Experience, Interactive Experience, dan Storytelling Experience. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa The House of Raminten sudah mengintegrasikan nilai-nilai budaya
Jawa ke dalam strategi komunikasi pemasaran mereka melalui pendekatan multisensori,
pengalaman partisipatif, hingga narasi budaya yang kuat. Namun, dari sisi teknologi,
pemanfaatannya masih belum optimal untuk mendukung seluruh pilar Marketing 6.0,
terutama dalam menciptakan pengalaman digital yang terintegrasi. Penggunaan media
sosial, personalisasi layanan, dan atmosfer restoran yang imersif tetap membutuhkan
integrasi teknologi canggih seperti interaktivitas berbasis AI atau pengalaman real-time
masih terbatas.
Kata kunci: Komunikasi Pemasaran, Marketing 6.0, Budaya Jawa
Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Kimberlitta Roganda Nauli Butarbutarzs (Penulis-153210156) ; Basuki (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Pemasaran, Marketing 6.0, Budaya Jawa |
Subjek: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | A.Md Eko Suprapti |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 04:04 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 04:04 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43499 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |