PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP NIAT PEMBELIAN KEMBALI DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABLE INTERVENING (Studi Pada Pengunjung The Sense Kitchen Yogyakarta)

Bagaskara, Yohanes Bara (2025) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP NIAT PEMBELIAN KEMBALI DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABLE INTERVENING (Studi Pada Pengunjung The Sense Kitchen Yogyakarta). Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_152180044_Yohanes Bara Bagaskara.pdf] Text
Cover_152180044_Yohanes Bara Bagaskara.pdf

Download (480kB)
[thumbnail of Abstrak_152180044_Yohanes Bara Bagaskara.pdf] Text
Abstrak_152180044_Yohanes Bara Bagaskara.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of pengesahan_152180044_Yohanes Bara Bagaskara.pdf] Text
pengesahan_152180044_Yohanes Bara Bagaskara.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of Daftar Isi_152180044_Yohanes Bara Bagaskara.pdf] Text
Daftar Isi_152180044_Yohanes Bara Bagaskara.pdf

Download (655kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_152180044_Yohanes Bara Bagaskara.pdf] Text
Daftar Pustaka_152180044_Yohanes Bara Bagaskara.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext_152180044_Yohanes Bara Bagaskara.pdf] Text
Skripsi Fulltext_152180044_Yohanes Bara Bagaskara.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: https://upnyk.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan
kualitas pelayanan terhadap niat pembelian kembali dengan kepuasan pelanggan
sebagai variabel intervening pada restoran The Sense Kitchen Yogyakarta. The
Sense Kitchen merupakan restoran fine dining yang mengusung konsep gastronomi
modern dengan beragam keunikan sajian yang memberikan pengalaman berbeda
kepada konsumennya.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode
survei kepada pelanggan restoran. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah
kualitas produk dan kualitas pelayanan. Variabel intervening adalah kepuasan
pelanggan, dan variabel terikat adalah niat pembelian kembali. Teknik analisis data
menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM)
untuk menguji hubungan antar variabel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik kualitas produk maupun kualitas
pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Selain
itu, kepuasan pelanggan terbukti memediasi pengaruh kualitas produk dan kualitas
pelayanan terhadap niat pembelian kembali. Temuan ini mengindikasikan bahwa
kepuasan pelanggan memainkan peran penting dalam membentuk loyalitas
konsumen, khususnya dalam konteks restoran dengan konsep unik seperti The
Sense Kitchen.
Implikasi praktis dari penelitian ini adalah perlunya manajemen restoran
untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas produk serta pelayanan guna
menciptakan kepuasan pelanggan yang berdampak pada loyalitas dan pembelian
ulang. Penelitian ini juga berkontribusi secara teoritis dalam pengembangan ilmu
manajemen pemasaran khususnya dalam studi perilaku konsumen di industri
restoran.
Kata kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Niat
Pembelian Kembali

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Yohanes Bara Bagaskara (Penulis - 152180044) ; Humam Santoso Utama (Pembimbing 1); Suratna (Pembimbing 2)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Niat Pembelian Kembali
Subjek: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Administrasi Bisnis
Depositing User: Indah Lestari
Date Deposited: 07 Aug 2025 07:14
Last Modified: 07 Aug 2025 07:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43459

Actions (login required)

View Item View Item