PENGARUH CONTENT MARKETING DAN FEAR OF MISSING OUT (FOMO) TERHADAP POST-PURCHASE REGRET YANG DIMEDIASI OLEH IMPULSIVE BUYING (Survei Pembeli dan Pengguna Produk Somethinc Pada Komunitas Twitter (X) 'Oh My Beauty Bank')

Sabrina, Nazahra Hellwa (2025) PENGARUH CONTENT MARKETING DAN FEAR OF MISSING OUT (FOMO) TERHADAP POST-PURCHASE REGRET YANG DIMEDIASI OLEH IMPULSIVE BUYING (Survei Pembeli dan Pengguna Produk Somethinc Pada Komunitas Twitter (X) 'Oh My Beauty Bank'). Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2_Cover_152210111_Nazahra Hellwa Sabrina.pdf] Text
2_Cover_152210111_Nazahra Hellwa Sabrina.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 3_Abstrak_152210111_Nazahra Hellwa Sabrina.pdf] Text
3_Abstrak_152210111_Nazahra Hellwa Sabrina.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of 4_Halaman Pengesahan_152210111_Nazahra Hellwa Sabrina.pdf] Text
4_Halaman Pengesahan_152210111_Nazahra Hellwa Sabrina.pdf

Download (609kB)
[thumbnail of 6_Daftar Pustaka_152210111_Nazahra Hellwa Sabrina .pdf] Text
6_Daftar Pustaka_152210111_Nazahra Hellwa Sabrina .pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 5_Daftar Isi_152210111_Nazahra Hellwa Sabrina.pdf] Text
5_Daftar Isi_152210111_Nazahra Hellwa Sabrina.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 1_Skripsi full_152210111_Nazahra Hellwa Sabrina.pdf] Text
1_Skripsi full_152210111_Nazahra Hellwa Sabrina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: http://upnyk.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Content Marketing dan
Fear of Missing Out terhadap Post-purchase regret melalui Impulsive Buying
sebagai Variabel Mediasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden yang merupakan
pembeli dan pengguna produk Somethinc dan aktif tergabung dalam komunitas
twitter (X) "Oh My Beauty Bank". Teknik sampling yang digunakan adalah non
probability sampling dengan purposive sampling. Metode pengumpulan data
dengan google form. Analisis data menggunakan Analisis Statistik Deskriptif dan
Analisis Inferensial yang menggunakan metode SEM (Structural Equation
Modelling) menggunakan SmartPLS 4.1.1.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Content Marketing (X1)
berpengaruh signifikan terhadap Impulsive Buying (Z) dengan t-hitung sebesar
3.656 dan nilai sig sebesar 0.000. FOMO (X2) berpengaruh signifikan terhadap
Impulsive Buying (Z) dengan t-hitung sebesar 3.146 dan nilai sig sebesar 0.002.
Content Marketing (X1) berpengaruh signifikan terhadap Post-purchase regret (Y)
dengan t-hitung sebesar 2.855 dan nilai sig sebesar 0.004. FOMO (X2) berpengaruh
signifikan terhadap Post-purchase regret (Y) dengan t-hitung sebesar 2.436.
melalui Impulsive Buying (Z) dengan t-hitung sebesar 2.510 dan nilai sig sebesar
0.012
Saran untuk pihak Somethinc pada Komunitas Twitter "Oh My Beauty
Bank" adalah dengan penguatan strategi content marketing melalui memperkuat
unsur relevansi dan akurasi, optimalisasi pemanfaatan FOMO serta pemanfaatan
impulsive buying namun tetap menjaga kualitas produk agar tidak menimbulkan
Post-purchase Regret.
Kata Kunci: Content Marketing, Fear of Missing Out (FOMO), Impulsive
Buying, Post-purchase regret

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Nazahra Hellwa Sabrina (Penulis - 152210111) ; Humam Santosa Utomo (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Content Marketing, Fear of Missing Out (FOMO), Impulsive Buying, Post-purchase regret
Subjek: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Administrasi Bisnis
Depositing User: Indah Lestari
Date Deposited: 06 Aug 2025 01:07
Last Modified: 06 Aug 2025 01:07
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43444

Actions (login required)

View Item View Item