ANALISIS MANAJEMEN KONTEN AKUN INSTAGRAM @ABOUTNGAWI DALAM MENYAMPAIKAN INFORMASI MENGENAI WISATA DAERAH DAN BUDAYA DI KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR

Ratnasari, Evita (2025) ANALISIS MANAJEMEN KONTEN AKUN INSTAGRAM @ABOUTNGAWI DALAM MENYAMPAIKAN INFORMASI MENGENAI WISATA DAERAH DAN BUDAYA DI KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_153210051_Evita Ratnasari.pdf] Text
Cover_153210051_Evita Ratnasari.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of Abstrak_153210051_Evita Ratnasari.pdf] Text
Abstrak_153210051_Evita Ratnasari.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_NIM_Evita Ratnasari.pdf] Text
Lembar Pengesahan_NIM_Evita Ratnasari.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of Daftar Isi_153210051_Evita Ratnasari.pdf] Text
Daftar Isi_153210051_Evita Ratnasari.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_153210051_Evita Ratnasari.pdf] Text
Daftar Pustaka_153210051_Evita Ratnasari.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext_153210051_Evita Ratnasari.pdf] Text
Skripsi Fulltext_153210051_Evita Ratnasari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen konten akun Instagram
@aboutngawi dalam menyampaikan informasi mengenai wisata daerah dan budaya
di Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini mencakup tahapan
perencanaan, produksi dan publikasi konten yang dilakukan oleh pengelola akun
dalam rangka menarik minat audiens serta membangun citra positif daerah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik
pengumpulan data melalui wawancara mendalam, studi pustaka dan dokumentasi.
Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah Social Media Content
Management (SMCM) sebagai back office dalam pengelolaan internal konten dan
The Circular Model of SOME sebagai pendekatan front office yang menekankan
keterlibatan audiens dalam media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun
@aboutngawi telah menjalankan manajemen konten secara adaptif dan kontekstual,
mulai dari penentuan identitas konten yang konsisten dengan nilai lokal, produksi
konten yang menekankan kekuatan visual dan keberagaman tema, hingga publikasi
konten yang disesuaikan dengan algoritma dan fitur Instagram. Tahapan evaluasi
dilakukan secara reflektif berdasarkan respons audiens pada konten yang diunggah,
meskipun belum berbasis data kuantitatif secara mendalam. Akun @aboutngawi
juga memainkan peran penting dalam memperkenalkan potensi wisata dan budaya
lokal kepada masyarakat luas. Namun, terdapat beberapa tantangan yang dihadapi
seperti pemanfaatan sumber daya yang belum maksimal dan belum adanya strategi
konten yang berkelanjutan.
Kata kunci: Manajemen Konten, Media Sosial, Instagram, Wisata Daerah, Budaya
Lokal, Kabupaten Ngawi

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Evita Ratnasari (Penulis-153210051) ; Arif Wibawa (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Konten, Media Sosial, Instagram, Wisata Daerah, Budaya Lokal, Kabupaten Ngawi
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: A.Md Eko Suprapti
Date Deposited: 24 Jul 2025 01:36
Last Modified: 24 Jul 2025 01:36
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43254

Actions (login required)

View Item View Item