HUSNIA, ANA RUHMIYATI (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR PADA UMKM BAKPIA ADIAGUNG DI CONDONGCATUR DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
2. Cover_135210015_Ana Ruhmiyati Husnia.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
3. Abstrak_135210015_Ana Ruhmiyati Husnia.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
4. Lembar Pengesahan_135210015_Ana Ruhmiyati Husnia.pdf Download (651kB) |
![]() |
Text
5. Daftar Isi_135210015_Ana Ruhmiyati Husnia.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text
6. Daftar Pustaka_135210015_Ana Ruhmiyati Husnia.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
1. Skripsi Full Text_135210015_Ana Ruhmiyati Husnia.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi faktor internal dan eksternal
pada UMKM Bakpia Adiagung; (2) Menganalisis alternatif-alternatif strategi
pengembangan pasar UMKM Bakpia Adiagung; (3) Menganalisis keputusan
strategi prioritas pengembangan pasar untuk UMKM Bakpia Adiagung. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif kuantitatif dengan
jenis penelitian studi kasus. Metode pengambilan responden menggunakan metode
purposive. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode
pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, FGD, kuesioner,
dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data dengan menggunakan matriks
IFE; EFE; IE; SWOT; dan AHP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Faktor
internal kekuatan utama yaitu memiliki kemasan produk yang praktis, sedangkan
kelemahan utama yaitu belum memiliki outlet khusus untuk memasarkan produk.
Faktor eksternal dengan peluang utama yaitu adanya event atau festival kuliner,
sedangkan ancaman utama yaitu penjualan produk yang belum stabil. (2) Alternatif
strategi yang diperoleh meliputi memanfaatkan platform sosial media, website, dan
marketplace untuk pelayanan, promosi, dan pemasaran; memaksimalkan relasi dari
komunitas yang tergabung untuk menjangkau konsumen lebih luas; menjalin
kerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM DIY serta memperbanyak mitra
dengan distributor dan reseller untuk meningkatkan penjualan; berkolaborasi
dengan travel blogger untuk menarik wisatawan; serta berpartisipasi aktif dalam
event komunitas bakpia atau festival kuliner untuk meningkatkan eksposur merek.
(3) Keputusan prioritas strategi pengembangan pasar melalui metode AHP yaitu
strategi memanfaatkan platform sosial media, website, dan marketplace untuk
pelayanan, promosi, dan pemasaran.
Kata Kunci: Strategi Pengembangan Pasar, Bakpia, SWOT, AHP
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | ANA RUHMIYATI HUSNIA (Penulis-135210015) ; Ni Made Suyastiri Yani Permai (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pengembangan Pasar, Bakpia, SWOT, AHP |
Subjek: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1) |
Depositing User: | A.Md Eko Suprapti |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 06:38 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 06:38 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43159 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |