ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KENDARAAN RODA EMPAT NASMOCO TOYOTA

Badri, Ferdian (2025) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KENDARAAN RODA EMPAT NASMOCO TOYOTA. Masters thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2_Cover_Ferdian Badri_243222002.pdf] Text
2_Cover_Ferdian Badri_243222002.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of 3_Abstrak_Ferdian Badri_243222002.pdf] Text
3_Abstrak_Ferdian Badri_243222002.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 4_Pengesahan_Ferdian Badri_243222002.pdf] Text
4_Pengesahan_Ferdian Badri_243222002.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 5_Daftar isi_Ferdian Badri_243222002.pdf] Text
5_Daftar isi_Ferdian Badri_243222002.pdf

Download (690kB)
[thumbnail of 6_Daftar Pustaka_Ferdiab Badri_243222002.pdf] Text
6_Daftar Pustaka_Ferdiab Badri_243222002.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of 1_Tesis_Ferdian Badri_243222002.pdf] Text
1_Tesis_Ferdian Badri_243222002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of PANDUAN MENGAKSES DTS FULL.pdf] Text
PANDUAN MENGAKSES DTS FULL.pdf

Download (861kB)
Official URL: https://www.upnyk.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh
karakteristik dan perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian kendaraan
roda empat Nasmoco Toyota Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Loyalitas
terhadap merek berkembang ketika konsumen mengalami kepuasan melalui
kualitas produk atau layanan yang diberikan, serta merasa harga yang ditawarkan
sesuai dengan nilai yang diterima. Selain itu, faktor ekonomi seperti pendapatan
juga mempengaruhi keputusan pembelian suatu produk.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Nasmoco Toyota
yang berada di wilayah DIY dengan teknik penyebaran kuesioner yang
menggunakan skala pengukuran Likert dan dianalisis menggunakan analisis faktor
dan analisis logit. Analisis faktor menunjukkan bahwa pengalaman emosional
(sense) dan pemikiran (think) memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian, terutama melalui pengalaman positif dan pemikiran mendalam tentang
produk. Pendidikan, jenis pekerjaan, dan keterjangkauan harga juga berkontribusi
signifikan, dengan konsumen lebih memilih produk yang terjangkau secara
finansial. Namun, analisis logit mengungkapkan bahwa meskipun perilaku
konsumen, seperti pengalaman emosional dan pengetahuan produk, memiliki
pengaruh dalam beberapa faktor, tidak semuanya menunjukkan hubungan
signifikan terhadap keputusan pembelian. Untuk karakteristik konsumen,
pendidikan lebih tinggi, pekerjaan stabil, pengeluaran bulanan, dan harga
kompetitif berperan penting, meskipun analisis logit menunjukkan tidak semua
variabel ini memiliki hubungan signifikan secara statistik terhadap keputusan
pembelian.
Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Karakteristik Konsumen, Analisis Faktor,
Analisis Logit

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Ferdian Badri (Penulis - 243222002) ; Ardito Bhinadi (Pembimbing 1) ; Sri Suharsih (Pembimbing 2)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumen, Karakteristik Konsumen, Analisis Faktor, Analisis Logit
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji
Date Deposited: 08 Jul 2025 08:33
Last Modified: 08 Jul 2025 08:33
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42998

Actions (login required)

View Item View Item