Salsabila, Egfineicya Novenda (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UD DJAYA COFFEE CABANG YOGYAKARTA DALAM MEMBANGUN BRAND LOYALTY. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
2_Cover_153210186_Egfineicya Novenda Salsabila.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
3_Abstrak_153210186_Egfineicya Novenda Salsabila.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
4_Lembar Pengesahan_153210186_Egfineicya Novenda Salsabila.pdf Download (391kB) |
![]() |
Text
5_Daftar Isi_153210186_Egfineicya Novenda Salsabila.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
6_Daftar Pustaka_153210186_Egfineicya Novenda Salsabila.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
1_Skripsi Fulltext_153210186_Egfineicya Novenda Salsabila.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
PANDUAN MENGAKSES DTS FULL.pdf Download (861kB) |
Abstract
Fenomena maraknya bisnis coffee shop di Yogyakarta telah menciptakan
persaingan yang sangat kompetitif, di mana setiap brand dituntut untuk memiliki
strategi komunikasi pemasaran yang tepat dalam membangun loyalitas konsumen.
UD Djaya Coffee cabang Yogyakarta menjadi salah satu coffee shop yang mampu
bertahan dan menonjol di tengah ketatnya persaingan tersebut. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan UD
Djaya Coffee cabang Yogyakarta dalam membangun brand loyalty. Metode
penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan
data berupa wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa UD Djaya Coffee berhasil membangun brand
loyalty melalui strategi komunikasi pemasaran berbasis Integrated Marketing
Communication (IMC). Strategi tersebut mengoptimalkan tujuh dari delapan
elemen IMC mulai dari periklanan, promosi penjualan, event and experience,
hubungan masyarakat, interactive marketing, personal selling hingga word of
mouth, yang dikemas sesuai karakteristik target pasarnya. Selain itu, dukungan
fasilitas seperti photobox dan silent room serta konsep modern-retro menjadi daya
tarik yang memperkuat identitas brand di mata konsumen. Penelitian ini juga
mengaitkan teori Action Assembly Theory untuk menjelaskan bagaimana pesan
pesan pemasaran yang disusun melalui proses kognitif dirancang secara sistematis
dan disesuaikan dengan kebutuhan pasar. Hasilnya, strategi ini terbukti efektif
membangun brand loyalty melalui word of mouth, e-WOM, personal selling, dan
event & experience yang ditunjukkan melalui frekuensi kunjungan yang tinggi,
ulasan positif, dan rekomendasi konsumen kepada orang lain.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Integrated Marketing
Communication, Brand Loyalty, Action Assembly Theory
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Egfineicya Novenda Salsabila (Penulis-153210186) ; Retno Hendariningrum (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Pemasaran, Integrated Marketing Communication, Brand Loyalty, Action Assembly Theory |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md Eko Suprapti |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 07:00 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 07:00 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42984 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |