Kresna, Haikel Radipta (2025) EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA PADA APLIKASI BINTANGPUSNAS EDU DENGAN METODE HEURISTIC EVALUATION. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
2_Cover_124200062_HaikelRadiptaKresna.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
3_Abstrak_124200062_HaikelRadiptaKresna.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
4_HalamanPengesahan_124200062_HaikelRadiptaKresna.pdf Download (855kB) |
![]() |
Text
5_DaftarIsi_124200062_HaikelRadiptaKresna.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
6_Daftar Pustaka_124200062_HaikelRadiptaKresna.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
1_Skripsi_124200062_HaikelRadiptaKresna.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
BintangPusnas Edu merupakan aplikasi perpustakaan digital yang dimiliki dan
dikelola oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Tetapi keberhasilan implementasi
aplikasi tidak hanya diukur dari segi fungsionalitas, tetapi juga dari segi pengalaman
pengguna (user experience). Selain menjadi penghubung secara langsung antar sistem
dengan penggunanya, Namun beberapa masalah mengganggu pengalaman penggunaan
aplikasi ini, menurut ulasan pengguna yang diposting di Google Play Store. Selalu force quit
ke halaman login, error ketika mencari buku, tidak bisa login adalah beberapa dari masalah
tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode heuristik . Aplikasi ini dievaluasi oleh evaluator
berdasarkan metode yang dipakai dan dianjurkan oleh Jacob Nielsen yang mewakili sepuluh
aspek heuristik dari mulai visibility of system status sampai help and documentation.
Penelitian ini menggunakan 3 evaluator dalam mengevaluasi aplikasi.
Di temukan bahwa ada 93 masalah usability pada aplikasi bintangpusnas edu. Dari
10 aspek heuristic evaluation tersebut semuanya masuk ke kategori major usability problem
dengan aspek 3 aspek yang tertinggi yaitu Help user recognize, dialogue, and recovers from
errors, Consistency and Standards, dan Flexibility and efficiency of use Dengan nilai rata
rata severity ratings 2 sampai 3 dari hasil rekapitulasi yang mengindikasikan adanya masalah
usability yang masuk dalam kategori major usability problem. Berdasarkan hasil usability
testing menggunakan maze, prototyping aplikasi secara keseluruhan memperoleh skor
usability dengan rata-rata 95.8 dengan kategori sangat baik.
Kata kunci : Aplikasi Perpustakaan Digital, Usability, Pengalaman Pengguna, Perpustakaan
Nasional RI
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Perpustakaan Digital, Usability, Pengalaman Pengguna, Perpustakaan Nasional RI |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | A.Md Eko Suprapti |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 02:37 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 02:37 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42942 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |