STRATEGI PEMASARAN BUBUR SEREAL PADA PT SERELIA PRIMA NUTRISIA KABUPATEN BANTUL

Zahra, Varka Mada (2025) STRATEGI PEMASARAN BUBUR SEREAL PADA PT SERELIA PRIMA NUTRISIA KABUPATEN BANTUL. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. COVER_135210018_Varka Mada Zahra.pdf] Text
2. COVER_135210018_Varka Mada Zahra.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_135210018_Varka Mada Zahra.pdf] Text
3. Abstrak_135210018_Varka Mada Zahra.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_135210018_Varka Mada Zahra.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_135210018_Varka Mada Zahra.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_135210018_Varka Mada Zahra.pdf] Text
5. Daftar Isi_135210018_Varka Mada Zahra.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_135210018_Varka Mada Zahra.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_135210018_Varka Mada Zahra.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 1. Skripsi Full Text_135210018_Varka Mada Zahra.pdf] Text
1. Skripsi Full Text_135210018_Varka Mada Zahra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://upnyk.ac.id/

Abstract

PT Serelia Prima Nutrisia merupakan sebuah usaha penyedia produk pangan sehat dengan keunikan bahan baku lokal umbi garut, namun perusahaan dihadapkan pada permasalahan sulitnya penguasaan pasar yang disebabkan oleh adanya kompetitor produk serupa. Penelitian bertujuan untuk 1)mengidentifikasi faktor internal dan eksternal pada PT Serelia Prima Nutrisia, 2)menganalisis alternatif strategi pemasaran bubur sereal pada PT Serelia Prima Nutrisia, 3)menganalisis dan mengambil keputusan strategi terbaik yang dapat diterapkan untuk pemasaran bubur sereal pada PT Serelia Prima Nutrisia berdasarkan pendekatan Blue Ocean Strategy (BOS). Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan observasi, Focus Group Discussion (FGD), wawancara, kuisioner, studi literatur, dan dokumentasi. Metode analisis menggunakan matriks Internal Factor Evaluation (IFE), matriks External Factor Evaluation (EFE), matriks Internal-Eksternal (IE), dan Blue Ocean Strategy (BOS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan tertinggi pada suasana kerja yang bersifat kekeluargaan yang dapat menciptakan moral tinggi. Kelemahan tertinggi pengurangan kuantitas sales marketing yang tidak memberikan hasil optimal. Peluang tertinggi kuatnya jaringan perusahaan dengan perguruan tinggi dan dinas pemerintahan. Ancaman tertinggi potensi kehadiran produk subtitusi. Alternatif strategi yang dapat diterapkan yaitu penetrasi pasar, pegembangan pasar, dan pengembangan produk. Rumusan strategi dengan pendekatan Blue Ocean Strategy yang tepat untuk strategi pemasaran yaitu pengurangan kapasitas produksi produk selain Serelia Oriflakes, peningkatan kualitas produk dengan kemasan rapat, peningkatan frekuensi penawaran diskon, optimalisasi kampanye digital, peningkatan frekuensi live marketing, peningkatan promosi dengan kemasan khusus, penciptaan penyediaan produk di berbagai fasilitas kesehatan dan penyediaan fasilitas konsultasi kesehatan.

Kata kunci : Strategi Pemasaran, IE, Blue Ocean Strategy

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Varka Mada Zahra (135210018 - Penulis) ; Nanik Dara Senjawati (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, IE, Blue Ocean Strategy
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Bayu Pambudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 08:00
Last Modified: 01 Jul 2025 08:00
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42875

Actions (login required)

View Item View Item