STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PADA PT PRASODJO MUKTI KURNIA DI SEMBUH WETAN SIDOKARTO GODEAN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

RIZKIYAH, NAILA SYAKIROTUL (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PADA PT PRASODJO MUKTI KURNIA DI SEMBUH WETAN SIDOKARTO GODEAN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. COVER_135210024_Naila Syakirotul Rizkiyah.pdf] Text
2. COVER_135210024_Naila Syakirotul Rizkiyah.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_135210024_Naila Syakirotul Rizkiyah.pdf] Text
3. Abstrak_135210024_Naila Syakirotul Rizkiyah.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_135210024_Naila Syakirotul Rizkiyah.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_135210024_Naila Syakirotul Rizkiyah.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_135210024_Naila Syakirotul Rizkiyah.pdf] Text
5. Daftar Isi_135210024_Naila Syakirotul Rizkiyah.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_135210024_Naila Syakirotul Rizkiyah.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_135210024_Naila Syakirotul Rizkiyah.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 1. Skripsi Full Text_135210024_Naila Syakirotul Rizkiyah.pdf] Text
1. Skripsi Full Text_135210024_Naila Syakirotul Rizkiyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PT Prasodjo Mukti Kurnia merupakan sebuah perusahaan pengolahan makanan
yang memproduksi dan mendistribusikan berbagai olahan tepung dan daging.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan
internal dan eksternal yang mempengaruhi pengembangan produk pada PT
Prasodjo Mukti Kurnia (2) menganalisis alternatif strategi untuk pengembangan
produk PT Prasodjo Mukti Kurnia berdasarkan metode analisis IE dan SWOT (3)
menganalisis strategi yang terbaik untuk pengembangan produk PT Prasodjo Mukti
Kurnia berdasarkan metode analisis QSPM. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data
menggunakan teknik wawancara, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Metode
analisis data yang digunakan adalah analisis matriks IFE, EFE, IE, SWOT dan
QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor internal yang menjadi
kekuatan utama di PT Prasodjo Mukti Kurnia adalah produk sudah memiliki izin
PIRT, BPOM, Halal MUI dan memiliki komposisi yang jelas. Kelemahan
utamanya adalah produk yang tidak sesuai kualitas akan langsung dibuang,
sehingga belum memiliki manajemen pengendalian. Faktor eksternal menunjukkan
peluang utamanya adalah permintaan produk setiap tahun cenderung meningkat.
Ancaman utamanya adalah masyarakat sekitar rata-rata lulusan SD/SMP/SMA
sederajat sehingga tenaga kerja yang ada kurang berpengalaman. (2) Tahap
pencocokan matriks IE diperoleh hasil analisis berada pada sel I. Tahap pencocokan
matriks SWOT diperoleh hasil analisis berada pada kuadran I dan nilai tertinggi
merupakan strategi SO. (3) Tahap pengambilan keputusan dari matriks QSPM
diperoleh strategi terbaik untuk mengembangan PT Prasodjo Mukti Kurnia yaitu
mengoptimalkan manajemen kinerja karyawan.
Kata kunci : pengembangan produk, PT Prasodjo, strategi, olahan tepung dan
daging, daya saing produk

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pengembangan produk, PT Prasodjo, strategi, olahan tepung dan daging, daya saing produk
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: A.Md Eko Suprapti
Date Deposited: 03 Jun 2025 08:16
Last Modified: 03 Jun 2025 08:16
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42660

Actions (login required)

View Item View Item