Isnaini, Putri (2025) STRATEGI FUNGSIONAL PEMASARAN INOVASI PRODUK LINE FOLLOWER PADA PT GAGAS ANAGATA NUSANTARA MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
| 
              
Text
 Abstraksi_152210051_Putri Isnaini.pdf Download (220kB)  | 
          |
| 
              
Text
 Cover_152210051_Putri Isnaini.pdf Download (224kB)  | 
          |
| 
              
Text
 Lembar Pengesahan_152210051_Putri Isnaini.pdf Download (265kB)  | 
          |
| 
              
Text
 Daftar Isi_152210051_Putri Isnaini.pdf Download (158kB)  | 
          |
| 
              
Text
 Daftar Pustaka_152210051_Putri Isnaini.pdf Download (183kB)  | 
          |
| 
              
Text
 Skripsi Fulltext_152210051_Putri Isnaini (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB)  | 
          
Abstract
Ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang dan berdampak 
pada beberapa sektor seperti pendidikan. Salah satu robotika pendidikan yang 
cukup digemari adalah line follower. PT Gagas Anagata Nusantara merupakan 
perusahaan yang mengembangkan produk untuk keperluan pendidikan, pelatihan 
dan perlombaan. Penelitian ini bertujuan untuk merekomendasikan alternatif 
strategi pemasaran yang sesuai untuk PT Gagas Anagata Nusantara menggunakan 
matriks SWOT dan Analytic Network Process (ANP).  
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik 
pengumpulan data dengan wawancara dan kuesioner. Jumlah informan sebanyak 8 
(delapan) orang. Objek penelitian adalah PT Gagas Anagata Nusantara. Teknik 
analisis menggunakan matriks IFE dan EFE, tahap pencocokan menggunakan 
SWOT, dan tahap keputusan menggunakan Analytic Network Process (ANP).  
Hasil penelitian ini menunjukkan posisi perusahaan pada diagram SWOT 
yang terletak pada kuadran I (satu) dengan strategi yang direkomendasikan adalah 
strategi agresif. Matriks SWOT menghasilkan 9 (Sembilan) rekomendasi alternatif 
strategi yang terdiri dari 3 strategi SO (Strengths – Opportunities), 2 strategi WO 
(Weaknesses – Opportunities), 2 strategi ST (Strengths– Threats), dan 2 strategi WT 
(Weaknesses – Threats). Hasil dari Analytic Network Process (ANP) dengan 
menggunakan bantuan Software Super Decision versi 3.2.0 dan menghasilkan 
prioritas strategi mulai dari tertinggi hingga terendah. Strategi prioritas tertinggi 
yaitu strategi pengembangan produk dengan bobot normalitas limiting matrix 
sebesar 0,157844.  
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Strategi Pemasaran, Matriks SWOT, ANP.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Additional Information: | Putri Isnaini (152210051) ; Sauptika Kancana (Pembimbing) | 
| Uncontrolled Keywords: | Manajemen Strategi, Strategi Pemasaran, Matriks SWOT, ANP. | 
| Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | 
| Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences | 
| Depositing User: | Indah Lestari | 
| Date Deposited: | 16 May 2025 00:51 | 
| Last Modified: | 16 May 2025 00:51 | 
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42508 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
