Awaliah, Mutiara Fauziah Nur (2024) STRATEGI GREEN MARKETING COMMUNICATION BULK STORE VERT TERRE DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE TOKO RAMAH LINGKUNGAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
1. Skripsi Fulltext_153200085_Mutiara Fauziah Nur Awaliah.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
2. Cover_153200085_Mutiara Fauziah Nur Awaliah.pdf Download (120kB) |
|
Text
3. Abstrak_153200085_Mutiara Fauziah Nur Awaliah.pdf Download (17kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_153200085_Mutiara Fauziah Nur Awaliah.pdf Download (124kB) |
|
Text
5. Daftar Isi_153200085_Mutiara Fauziah Nur Awaliah.pdf Download (57kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_153200085_Mutiara Fauziah Nur Awaliah.pdf Download (192kB) |
Abstract
Vert Terre merupakan salah satu bulk store di Yogyakarta yang konsisten menjual
produk ramah lingkungan. Maka dari itu, Vert Terre juga konsisten dalam
menerapkan green marketing communication untuk mengkomunikasikan pesan-pesan
komunikasi pemasaran yang ramah lingkungan pada audiens agar dapat
membangun citra merek (brand image) sebagai toko ramah lingkungan. Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran hijau (green
marketing communication) yang diterapkan oleh Bulk Store Vert Terre dalam
membangun citra merek (brand image) sebagai toko ramah lingkungan.
Berdasarkan hasil penelitian, Vert Terre menjalankan berbagai strategi komunikasi
yang berfokus pada kolaborasi dan komitmen terhadap isu lingkungan. Strategi ini
diwujudkan melalui kampanye penanaman mangrove bersama Lindungi Hutan,
menjadi drop point sampah dengan Daur Resik Waste Management, serta
mengadakan acara ramah lingkungan seperti Laris Manis yang menjual produk
sustainable fashion, dan Paper Lunch yang menawarkan buku preloved dalam
kondisi baik. Vert Terre juga berpartisipasi dalam berbagai acara eksternal yang
mendukung produk ramah lingkungan. Selain itu, toko ini memanfaatkan blog
Medium untuk menyebarkan pesan gaya hidup ramah lingkungan serta membuat
mini-website melalui platform milkshake untuk promosi produk. Komitmen
terhadap green packaging juga terlihat melalui penggunaan dus dan botol bekas
sebagai kemasan produk. Optimalisasi media sosial seperti Instagram dan TikTok
dengan konten edukasi ramah lingkungan turut efektif dalam membangun brand
image sebagai bulk store yang berfokus pada isu-isu lingkungan.
Kata kunci: green marketing communication, bulk store, brand image
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | green marketing communication, bulk store, brand image |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 02:09 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 04:55 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41926 |
Actions (login required)
View Item |