Jatirasa, Eka (2024) EVALUASI KESUKSESAN APLIKASI PLN MOBILE MENGGUNAKAN MODEL DELONE AND MCLEAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
| 
              
Text
 1_Skripsi full_124200063_Eka Jatirasa.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB)  | 
          |
| 
              
Text
 2_Cover_124200063_Eka Jatirasa.pdf Download (154kB)  | 
          |
| 
              
Text
 3_Abstrak_124200063_Eka Jatirasa.pdf Download (16kB)  | 
          |
| 
              
Text
 4_Halaman Pengesahan_124200063_Eka Jatirasa.pdf Download (222kB)  | 
          |
| 
              
Text
 5_Daftar Isi_124200063_Eka Jatirasa.pdf Download (57kB)  | 
          |
| 
              
Text
 6_Daftar Pustaka_124200063_Eka Jatirasa.pdf Download (84kB)  | 
          
Abstract
Pada era perkembangan teknologi yang sangat pesat, penggunaan dari smartphone telah 
menjadi bagian yang tidak dapat dihindarkan dari kehidupan sehari-hari. Meningkatnya 
pengguna dari smartphone telah mengubah cara seseorang untuk bekerja, berkomunikasi, 
hingga berpergian. Dalam menghadapi perubahan teknologi yang sangat pesat, PT PLN 
(Persero) terus mendorong inovasi dengan cara mendigitalisasi setiap layanan yang 
dimilikinya. Dengan kata lain, PLN dituntut secara adaptif mengikuti tuntutan zaman dengan 
membuat aplikasi bernama PLN Mobile untuk meningkatkan pelayanan yang dimilikinya. 
PLN Mobile merupakan sebuah platform aplikasi yang berbasis mobile yang berorientasi pada 
customer self service. PLN Mobile terintegrasi pada Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat 
(AP2T) dan juga Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu (APKT). Dengan menggunakan 
aplikasi ini, para pengguna maupun calon-calon pengguna akan dapat lebih mudah 
memperoleh informasi mengenai tagihan listrik, pembelian token listrik, mencakup 
memperoleh informasi terkait pemadaman dan layanan PLN lainnya. Berdasarkan hasil 
observasi dan kuesioner penelitian, masih ditemukan beberapa kendala serta masalah yang 
terjadi. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi kesuksesan agar dapat memahami tingkat 
kesuksesan dari aplikasi PLN Mobile.
Pada peneltian ini, digunakan model DeLone dan McLean tahun 2003 yang bertujuan 
untuk mengevaluasi kesuksesan dari implementasi aplikasi PLN Mobile dengan enam 
komponen yang dimilikinya, yaitu variabel system quality, service quality, information quality, 
user satisfaction, use, dan net benefit. Data penelitian yang digunakan untuk pengolahan data 
berasal dari penyebaran kuesioner kepada pengguna yang sudah pernah menggunakan aplikasi 
PLN Mobile sebesar 117 responden. Selanjutnya, data tersebut diolah menggunakan metode 
Structrual Equation Modelling (SEM) dengan dua tahapan pengujian, yaitu outer model dan 
inner model menggunakan perangkat lunak SmartPLS 3.0. 
Hasil dari penelitian ini, dari dua belas hipotesis yang diajukan, sepuluh hipotesis 
diantaranya diterima karena hipotesis terbukti signifikan dan positif. Sedangkan, terdapat dua 
hipotesis yang terbukti ditolak. Diketahui, bahwa system quality, service quality, information 
quality, dan user satisfaction merupakan faktor kunci kesuksesan dari aplikasi PLN Mobile. 
Dengan demikian, aplikasi PLN Mobile sudah dapat dikategorikan sebagai aplikasi yang baik, 
akan tetapi belum bisa dikatakan sukses, sehingga perlu dilakukan peningkatan terhadap 
faktor-faktor pendukung agar dapat mengoptimalkan tingkat kesuksesan dari aplikasi tersebut. 
Kata Kunci: PLN Mobile, DeLone dan McLean, Evaluasi Kesuksesan, SEM
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PLN Mobile, DeLone dan McLean, Evaluasi Kesuksesan, SEM | 
| Subjek: | T Technology > T Technology (General) | 
| Divisions: | x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences | 
| Depositing User: | Indah Lestari | 
| Date Deposited: | 27 Dec 2024 01:38 | 
| Last Modified: | 27 Dec 2024 01:38 | 
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41918 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
