GHANI, LUTFITO AL (2024) ANALISIS KESUKSESAN APLIKASI SLEMAN DIGITAL SERVICES MENGGUNAKAN PLS-SEM. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
1_Skripsi full_124200076_Lutfito Al Ghani.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text
2_Cover_124200076_Lutfito Al Ghani.pdf Download (555kB) |
|
Text
3_Abstrak_124200076_Lutfito Al Ghani.pdf Download (614kB) |
|
Text
4_Halaman Pengesahan_124200076_Lutfito Al Ghani.pdf Download (878kB) |
|
Text
4_Halaman Pengesahan_124200076_Lutfito Al Ghani.pdf Download (878kB) |
|
Text
5_Daftar Isi_124200076_Lutfito Al Ghani.pdf Download (517kB) |
|
Text
6_Daftar Pustaka_124200076_Lutfito Al Ghani.pdf Download (524kB) |
Abstract
Aplikasi Sleman Digital Services merupakan sebuah layanan digital milik Pemerintah
Kabupaten Sleman yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Sleman. Aplikasi
tersebut memiliki beberapa jenis kategori layanan yang tersedia seperti Layanan Informasi,
Layanan Pendidikan, Layanan Kependudukan, serta layanan-layanan lainnya. Layanan yang
ada di aplikasi tersebut merupakan sebuah kumpulan dari sistem-sistem yang telah dibuat
oleh Pemerintah Kabupaten Sleman Seperti Cek PBB, VA Pajak, Dukcapil Online, dan
sebagainya. yang mana sistem tersebut merupakan bagian dari bentuk pelayanan terhadap
masyarakat oleh Pemerintah Kabupaten Sleman. Dari pengamatan yang dilakukan terhadap
aplikasi tersebut, ditemukan beberapa keluhan yang dialami pengguna pada platform Google
Play Store dan Apple App Store, beberapa pengguna menyampaikan berbagai keluhan yang
mereka alami saat menggunakan aplikasi Sleman Digital Services, yang secara keseluruhan
menunjukkan bahwa aplikasi ini mendapatkan review yang kurang memuaskan dari para
penggunanya. Beberapa keluhan tersebut meliputi adanya bug, gangguan teknis, akses yang
sulit beberapa layanan, dan lain sebagainya. Penelitian ini ingin mengetahui sejauh mana
manfaat yang dirasakan oleh pengguna dan faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat
serta pendukung efektivitas dan kesuksesan aplikasi.
Pada penelitian ini model yang akan digunakan adalah Delone and McLean yang telah
dimodifikasi oleh Wang dan Liao (2008). Model Delone and McLean yang telah dimodifikasi
ini memiliki 6 variabel yang berbeda yaitu Information Quality, System Quality, Service
Quality, Use, User Satisfaction, dan Perceived Net Benefit. Data yang digunakan dalam
pengolahan data diperoleh dari penyebaran kuesioner yang dibangun dari 26 item pertanyaan
disebarkan melalui google form, didapatkan 108 responden. Data responden diolah
menggunakan SmartPLS 3 untuk analisis deskriptif terkait demografi jawaban responden,
dan analisis statistik terkait uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini terdapat enam dari sembilan hipotesis diterima. Dikarenakan
masih ada hipotesis yang ditolak berarti masih terdapat variabel yang tidak memberikan
pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel lainnya. Hal tersebut memberikan
kesimpulan bahwa aplikasi Sleman Digital Services belum sepenuhnya berhasil/sukses. Pada
penelitian ini terdapat juga rekomendasi yang dilihat dari variabel yang meiliki hubungan
positif dan signifikan terhadap variabel dependennya seperti Information Quality, System
Quality, Use, dan User Satisfaction. Dari adanya rekomendasi perbaikan tersebut diharapkan
mampu menjadi dasar evaluasi untuk perbaikan aplikasi Sleman Digital Services agar bisa
lebih baik untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Sleman.
Kata Kunci: Sleman Digital Services, Kominfo Sleman, Evaluasi Kesuksesan, Delone &
McLean, PLS-SEM
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sleman Digital Services, Kominfo Sleman, Evaluasi Kesuksesan, Delone & McLean, PLS-SEM |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 04:25 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 04:25 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41815 |
Actions (login required)
View Item |