”ANALISIS ISI IKLAN SUPRANATURAL DI MEDIA CETAK SKH MERAPI DITINJAU DARI ETIKA PERIKLANAN

Putro, Dwi Aryo (2013) ”ANALISIS ISI IKLAN SUPRANATURAL DI MEDIA CETAK SKH MERAPI DITINJAU DARI ETIKA PERIKLANAN. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of Dwi Aryo Putro.pdf] Text
Dwi Aryo Putro.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ANALISIS ISI IKLAN SUPRANATURAL DI MEDIA CETAK
DITINJAU DARI ETIKA PERIKLANAN
ABSTRAK
Iklan supranatural tentu memiliki pemerhati, serta peminatnya secara spesifik.
Penelitian yang dilakukan para ahli menunjukkan bahwa, orang atau kalangan
yang berada dalam situasi ketidakpastian biasanya akan mencari jalan pintas
untuk mengatasi atau setidaknya mengurangi situasi yang dialaminya tersebut.
Contoh konkret yang ditunjukkan para ahli mengenai orang yang dalam situasi
ketidakpastian, misalnya, para pedagang, wiraswastawan, dan kalangan lain yang
tidak memiliki penghasilan tetap atau gaji.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kajian atas iklan
Supranatural di media cetak dari segi etika periklanan. Jenis penelitian ini adalah
penelitian analisis isi, yaitu tehnik penelitian untuk membuat inferensi inferensi
yang dapat ditiru (replicable), dan sahih data dengan memperhatikan konteksnya.
Analisis isi berhubungan dengan komunikasi atau isi komunikasi. Analisis isi
didahului dengan melakukan coding terhadap istilah-istilah atau penggunaan kata
dan kalimat yang relevan, yang paling banyak muncul dalam media komunikasi.
Dalam hal pemberian coding, perlu juga dicatat konteks mana istilah itu muncul.
Kemudian, dilakukan klasifikasi terhadap coding yang telah dilakukan.
Beberapa iklan di SKH Kompas telah melanggar etika periklanan karena tulisan
bernadakan memberikan jaminan atau janji yang berlebihan. Iklan supranatural
(mistik) serta iklan pengobatan alternatif pada media koran Surat Kabar Harian
Merapi menurut penulis sarat pembodohan, penyesatan, pembohongan, dan
manipulasi. Iklan semacam itu menurut penulis jelas-jelas melanggar Pedoman
Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) yang ditetapkan Komisi
Penyiaran Indonesia (KPI).
Kata kunci : analisis isi, iklan, supranatural
CONTENT ANALYSIS OF ADVERTISING PRINT MEDIA
SUPERNATURAL VIEWED FROM THE ETHICS OF ADVERTISING
ABSTRACT
Supernatural advertising certainly has observer, as well as specific demand.
Research conducted by experts show that, the person or people who are in a
situation of uncertainty will usually find a shortcut to solve or at least mitigate the
situation that happened. Concrete examples are shown to experts about people in a
situation of uncertainty, for example, traders, entrepreneurs, and other groups that
do not have a regular income or salary.
The purpose of this research is to find a review of the Supernatural advertising in
print media in terms of advertising ethics. Type of research is a content analysis,
the research techniques to make inference inference that can be replicated
(replicable), and the data is valid with respect to its context. Content analysis
related to communications or content of communications. Content analysis was
preceded by coding the use of these terms or words and phrases that are relevant,
the most widely appearing in media communications. In the case of coding, it
should also be noted that the context where the term appears. Then, the
classification of the coding has been done.
All ads have violated the ethics of advertising for all posts bernadakan guarantees
or promises excessive. Ad supernatural (mystical) and alternative medicine ads on
newspaper media Daily Newspapers Merapi loaded by author duping,
misdirection, deception, and manipulation. Such ads by author clearly violated the
Broadcasting Code of Conduct and Standards Program Releases established the
Indonesian Broadcasting Commission.
Key word: content analysis, advertising, supernatural

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: content analysis, advertising, supernatural
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 21 Oct 2024 02:37
Last Modified: 21 Oct 2024 02:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41428

Actions (login required)

View Item View Item