DEWANATA, NIKOLAS PANDHU (2024) PENENTUAN JUMLAH TENAGA KERJA CUCI KERETA API DENGAN MEMPERHATIKAN DUE DATE DAN BIAYA TENAGA KERJA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SIMULASI (Studi Kasus pada PT Reska Multi Usaha Yogyakarta). Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
2.Cover_122200094_Nikolas Pandhu Dewanata.pdf Download (337kB) |
|
Text
3. Abstrak_122200094_Nikolas Pandhu Dewanata.pdf Download (64kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_122200094_Nikolas Pandhu Dewanata.pdf Download (283kB) |
|
Text
5.Daftar Isi_122200094_Nikolas Pandhu Dewanata.pdf Download (71kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_122200094_Nikolas Pandhu Dewanata.pdf Download (195kB) |
|
Text
1. Skripsi Full text_122200094_Nikolas Pandhu Dewanata.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Proses pencucian kereta api di Depo Lokomotif Yogyakarta dilakukan
berdasarkan jadwal kedatangan dan tenggat waktu (due date) masing-masing
kereta. Hal ini sering kali menyebabkan idle time dalam siklus pencucian. Selama
ini, proses pencucian disesuaikan dengan jadwal kedatangan dan keberangkatan
kereta, tanpa adanya formula atau standar yang jelas untuk menentukan jumlah
optimal petugas pencuci dan estimasi waktu pencucian. Kondisi ini dapat
mengakibatkan kelebihan penggunaan tenaga kerja (overstaffing) yang berdampak
pada pemborosan biaya tenaga kerja.
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jumlah tenaga kerja optimal
dalam proses pencucian kereta di Depo Lokomotif Yogyakarta melalui pendekatan
simulasi. Studi kasus melibatkan tiga skenario terkait pengurangan jumlah tenaga
kerja, yang dievaluasi berdasarkan efisiensi waktu pencucian dan penghematan
biaya tenaga kerja. Pendekatan simulasi ini memperhitungkan variabel
probabilistik seperti jumlah gerbong dan kondisi kebersihan kereta, serta pekerjaan
yang dilakukan secara manual.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa skenario ketiga, yang mengurangi
jumlah pekerja dari 13 menjadi 10 orang dengan pengurangan tenaga kerja pada
aktivitas dusting, membersihkan toilet, dan membersihkan kaca, merupakan
skenario yang paling optimal. Skenario ini menghasilkan waktu pencucian 168,71
menit dengan penghematan biaya tenaga kerja per jam sebesar Rp 225.912 menjadi
Rp 201.029. Dengan penerapan skenario ini, perusahaan diproyeksikan dapat
memperoleh keuntungan sebesar Rp 62.107.927 per tahun. Berdasarkan hasil ini,
disarankan agar perusahaan mengadopsi skenario ini sebagai standar operasional
untuk meningkatkan efisiensi pencucian kereta api, khususnya di Depo Lokomotif
Yogyakarta.
Kata kunci : penentuan jumlah tenaga kerja, Depo Lokomotif Yogyakarta, software Arena Simulation
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penentuan jumlah tenaga kerja, Depo Lokomotif Yogyakarta, software Arena Simulation |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Bayu Setya Pambudi |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 06:29 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 06:29 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41224 |
Actions (login required)
View Item |