EFEKTIVITAS IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BCA “DON’T KNOW? KASIH NO!” DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN BAHAYA PHISHING PADA NASABAH BCA DI SLEMAN, YOGYAKARTA

Yusera, Devi Aulia (2024) EFEKTIVITAS IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BCA “DON’T KNOW? KASIH NO!” DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN BAHAYA PHISHING PADA NASABAH BCA DI SLEMAN, YOGYAKARTA. Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of SKRIPSI FULLTEXT_123200076_DEVI AULIA YUSERA.pdf] Text
SKRIPSI FULLTEXT_123200076_DEVI AULIA YUSERA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of ABSTRAK_123200076_DEVI AULIA YUSERA.pdf] Text
ABSTRAK_123200076_DEVI AULIA YUSERA.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of COVER_123200076_DEVI AULIA YUSERA.pdf] Text
COVER_123200076_DEVI AULIA YUSERA.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI_123200076_DEVI AULIA YUSERA.pdf] Text
DAFTAR ISI_123200076_DEVI AULIA YUSERA.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_123200076_DEVI AULIA YUSERA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_123200076_DEVI AULIA YUSERA.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN_123200076_DEVI AULIA YUSERA.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN_123200076_DEVI AULIA YUSERA.pdf

Download (626kB)

Abstract

Phishing merupakan salah satu ancaman keamanan siber yang mengalami
peningkatan secara signifikan di Indonesia. Dengan meningkatnya isu ini, BCA
sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia mengeluarkan Iklan Layanan
Masyarakat “Don’t Know? Kasih No!”. Iklan ini hadir sebagai salah satu bentuk
komitmen BCA dalam memperkuat edukasi dan kesadaran masyarakat tentang
keamanan data serta pencegahan kejahatan siber. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakan iklan layanan masyarakat “Don’t Know? Kasih No!” efektif
mempengaruhi tingkat pengetahuan bahaya phishing nasabah BCA di Sleman,
Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Effect sebagai landasan
berpikir. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan sampel
sebanyak 100 responden dan menggunakan teknik purposive sampling, dengan
kriteria pernah menonton ILM tersebut, nasabah BCA, dan berdomisili di Sleman,
Yogyakarta. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 25.
Dari hasil penelitian didapatkan nilai t hitung (7,986) > t tabel (1,664). Hasil uji
koefisien determinasi diperoleh nilai r square sebesar 0,394 yang artinya iklan
layanan masyarakat “Don’t Know? Kasih No!” efektif memberikan pengaruh
signifikan sebesar 39,4% terhadap pengetahuan bahaya phishing.
Kata Kunci: Phishing, Iklan Layanan Masyarakat, BCA, Pengetahuan Bahaya
Phishing

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Phishing, Iklan Layanan Masyarakat, BCA, Pengetahuan Bahaya Phishing
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:18
Last Modified: 03 Sep 2024 02:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40942

Actions (login required)

View Item View Item