REDESIGN USER INTERFACE & USER EXPERIENCE PADA WEBSITE MYPANGANDARAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Lestari, Tri (2024) REDESIGN USER INTERFACE & USER EXPERIENCE PADA WEBSITE MYPANGANDARAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of SKRIPSI 124200006.pdf] Text
SKRIPSI 124200006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)

Abstract

Mypangandaran, sebuah perusahaan berbadan hukum CV, telah mengoperasikan situs web
mereka sejak 18 Oktober 2009 dengan fokus awal pada promosi destinasi wisata di Kabupaten
Pangandaran. Seiring waktu, situs ini berkembang untuk menyediakan berbagai layanan
informasi terkait destinasi wisata, hotel, penginapan, niaga, serta layanan katering. Dalam
rangka meningkatkan pengalaman pengguna, dilakukan evaluasi awal terhadap website
Mypangandaran melalui usability testing dan wawancara dengan 5 partisipan. Evaluasi ini
mengungkap beberapa masalah utama yang dihadapi pengguna, antara lain: Peta lokasi destinasi
wisata seperti Batu Karas tidak muncul, Informasi pada halaman foto tidak jelas dan tidak
mendeskripsikan gambar dengan baik, Kesulitan menemukan alamat pada halaman tempat oleh�oleh Pasar Wisata Pangandaran, Kurangnya informasi visual seperti foto, lokasi, menu, dan
harga pada halaman tempat makan, Kebingungan antara fitur testimoni dan deskripsi destinasi
wisata yang terlihat serupa, Keinginan pengguna untuk adanya fitur informasi Rumah Kos di
area Pangandaran, Tampilan antarmuka website yang monoton dan kurang menarik. Dari
evaluasi ini, disimpulkan bahwa pengguna memiliki kesan yang kurang baik terhadap UI
website dan mengalami kesulitan dalam penggunaan. Penelitian selanjutnya bertujuan untuk
mengevaluasi dan memperbaiki UI/UX situs berdasarkan aspek usability seperti Learnability
dan Efficiency melalui pendekatan Design Thinking, yang melibatkan 5 tahapan: Empathize,
Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa aspek
Efficiency meningkat dari 0,04194 Golas/sec menjadi 0,1108 Golas/sec, dan aspek
Effectiveness tetap pada 100%. Perbaikan UI/UX berhasil meningkatkan nilai usability secara
signifikan, terutama dalam hal kecepatan dan efektivitas penggunaan website

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Usability Testing, UI/UX Improvement, Design Thinking
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji
Date Deposited: 02 Sep 2024 07:22
Last Modified: 02 Sep 2024 07:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40917

Actions (login required)

View Item View Item