ANALISIS EVENT PASAR WIGUNA SEBAGAI STRATEGI MARKETING PLAZA AMBARRUKMO YOGYAKARTA

Fadhluljannah, Nurrahmah Fadhluljannah (2024) ANALISIS EVENT PASAR WIGUNA SEBAGAI STRATEGI MARKETING PLAZA AMBARRUKMO YOGYAKARTA. Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_153200058_Nurrahmah Fadhluljannah.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_153200058_Nurrahmah Fadhluljannah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2. Cover_153200058_Nurrahmah Fadhluljannah.pdf] Text
2. Cover_153200058_Nurrahmah Fadhluljannah.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153200058_Nurrahmah Fadhluljannah.pdf] Text
3. Abstrak_153200058_Nurrahmah Fadhluljannah.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153200058_Nurrahmah Fadhluljannah.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153200058_Nurrahmah Fadhluljannah.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153200058_Nurrahmah Fadhluljannah.pdf] Text
5. Daftar Isi_153200058_Nurrahmah Fadhluljannah.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153200058_Nurrahmah Fadhluljannah.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153200058_Nurrahmah Fadhluljannah.pdf

Download (70kB)

Abstract

Tingginya penggunaan e-commerce dalam perilaku belanja online membuat para
pemilik offline store harus memiliki inovasi dalam meningkatkan minat
berkunjung. Oleh karena itu, Plaza Ambarrukmo sebagai salah satu pusat
perbelanjaan offline melakukan inovasi baru dalam strategi marketingnya. Salah
satu strategi marketing yang dilakukan oleh Plaza Ambarrukmo adalah event
marketing melalui Pasar Wiguna. Pasar Wiguna merupakan curated market dengan
konsep piknik dan tema eco culture. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
strategi event marketing Pasar Wiguna yang dilakukan oleh Plaza Ambarrukmo.
Penelitian ini menggunakan konsep marketing communication mix dan konsep
event marketing. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif.
Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi event marketing Pasar Wiguna
menggunakan empat tahapan marketing communication mix yaitu menentukan
tujuan, yakni menciptakan mall sebagai tempat berkumpul komunitas kreatif. Lalu
targeting yaitu remaja, keluarga, wisatawan hingga pecinta kuliner. Selanjutnya ada
analisis situasi, yakni tren, isu atau musim yang sedang berlangsung. Tahap terakhir
yaitu measuring, yakni tolak ukur melalui traffic dan peningkatan Instagram
followers. Selain itu, Pasar Wiguna dalam pelaksanaanya juga menggunakan
konsep event marketing yaitu relevant, engaging dan implicit. Relevant yakni
dilihat dari relevansi tujuan, tema, tren dan identitas perusahaan. Prinsip engaging
yaitu publikasi melalui media digital, kolaborasi dengan influencer, word of mouth,
kolaborasi dengan suatu brand, memaksimalkan USP dan rangkaian acara dalam
event tersebut. Sedangkan prinsip implicit yakni kenyamanan, kualitas pelayanan
dan kepuasan experience. Strategi event marketing ini mampu untuk meningkatkan
minat berkunjung Plaza Ambarrukmo. Indikator keberhasilannya dilihat melalui
peningkatan traffic pada setiap event Pasar Wiguna dibandingkan saat tidak ada
event yaitu 4-6%.
Kata Kunci: belanja online, marketing communication mix, event marketing, minat
berkunjung

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: belanja online, marketing communication mix, event marketing, minat berkunjung
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 02 Sep 2024 02:26
Last Modified: 02 Sep 2024 02:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40897

Actions (login required)

View Item View Item