NURENDRA, NABILLA PUTRI (2024) PENGARUH BUSINESS ANALYTICS DAN ENVIRONMENTAL ORIENTATION TERHADAP GREEN COMPETITIVE ADVANTAGE DENGAN GREEN INNOVATION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA UMKM FASHION DI TOKOPEDIA HIJAU JABODETABEK. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
01 Skripsi Full Text _141200171_Nabila Putri Nurendra.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
2. Cover_141200171_NABILLA PUTRI NURENDRA.pdf Download (103kB) |
|
Text
3. Abstrak_141200171_NABILLA PUTRI NURENDRA.pdf Download (10kB) |
|
Text
04 Halaman Pengesahan_141200171_Nabila Putri Nurendra.pdf Download (232kB) |
|
Text
5. Daftar Isi_141200171_NABILLA PUTRI NURENDRA.pdf Download (138kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_141200171_NABILLA PUTRI NURENDRA.pdf Download (117kB) |
Abstract
vii
Pengaruh Business Analytics dan Environmental Orientation terhadap Green
Competitive Advantage dengan Green Innovation sebagai Variabel Mediasi
pada UMKM Fashion di Tokopedia Hijau Jabodetabek
Nabilla Putri Nurendra
NIM.141200171
Mahasiswa Program Studi Ekonomi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara business analytics
(BA), environmental orientation (EO) dan green innovation (GI) dalam UMKM
fashion di Jabodetabek pada program Tokopedia Hijau. Selain itu, penelitian ini juga
dimaksudkan untuk mengetahui dampak dan peran masing-masing variabel pada
green competitive advantage (GCA) yang akan didapatkan oleh UMKM fashion di
Jabodetabek. Adapun dalam pelaksanaannya, penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif deskriptif dengan teknik analisis data melalui SEM-PLS dengan bantuan
melalui perangkat lunak SmartPLS versi 4.1.0. Dalam mengumpulkan datanya,
penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui survey atau kuesioner
yang dibagikan cara daring. Penelitian ini menemukan bahwa business analytics
diketahui tidak berpengaruh terhadap green competitive advantage dan green
innovation. Sementara environmental orientation memiliki pengaruh positif terhadap
green competitive advantage dan green innovation. Sementara pada green innovation
diketahui memiliki pengaruh positif terhadap green competitive advantage. Selain itu,
peneliti juga menemukan bahwa green innovation sebagai variabel mediasi diketahui
belum mampu sebagai solusi atas pengaruh business analytics terhadap green
competitive advantage, sementara green innovation diketahui mampu menjadi solusi
pengaruh environmental orientation terhadap green competitive advantage pada
UMKM Fashion Tokopedia Hijau di Jabodetabek.
Kata kunci : green competitive advantage, business analytics, environmental orientation,
green innovation
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | green competitive advantage, business analytics, environmental orientation, green innovation |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 02:57 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 02:57 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40629 |
Actions (login required)
View Item |