ARROUFI, IRSYAAD NUR AFANDY (2024) ANALISIS STRATEGI BERSAING PT. ELITA SEJAHTERA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MATRIKS SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
SKRIPSI FULLTEXT_152170068_IRSYAAD NUR AFANDY ARROUFI.PDF Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
Abstrak_152170068_Irsyaad Nur Afandy Arroufi.pdf Download (298kB) |
|
Text
Cover_152170068_Irsyaad Nur Afandy Arroufi.pdf Download (306kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan_152170068_Irsyaad Nur Afandy Arroufi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Daftar Isi_152170068_Irsyaad Nur Afandy Arroufi.pdf Download (192kB) |
|
Text
Daftar Pustaka_152170068_Irsyaad Nur Afandy Arroufi.pdf Download (188kB) |
Abstract
Irsyaad Nur Afandy Arroufi, Nomor Induk Mahasiswa 152170068, Jurusan
Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul Penelitian ini adalah Analisis
Strategi Bersaing PT. Elita Sejahtera Indonesia dengan Menggunakan Matriks
SWOT Dan Quantitative Strategic Planning Matrix. Dosen Pembimbing I: Indro
Herry Mulyanto dan Dosen Pembimbing II: Adi Soeprapto.
PT. Elita Sejahtera Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dalam
bidang fashion di Yogyakarta. Persaingan di pasar fashion yang tinggi membuat
PT. Elita Sejahtera Indonesia perlu merumuskan strategi bersaing yang tepat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bersaing apa yang dapat
meningkatkan persaingan produk di PT. Elita Sejahtera Indonesia sehingga dapat
memenangkan persaingan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bersaing PT. Elita
Sejahtera Indonesia menggunakan Matriks SWOT dan Quantitative Strategic
Planning Matrix (QSPM). Metode yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif
dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa PT. Elita Sejahtera Indonesia
memiliki total skor IFE sebesar 2,575 dan total skor EFE sebesar 2,841
Berdasarkan Matriks SWOT, perusahaan berada di kuadran I yang
menunjukkan posisi yang menguntungkan dengan strategi agresif (growth oriented
strategy). Strategi alternatif yang dihasilkan melalui QSPM menunjukkan bahwa
strategi yang perlu dilakukan adalah strategi meningkatkan pemasaran online secara
global melalui website dan sosial media dengan total skor daya tarik (TAS-Total
Attractive Score) tertinggi yaitu sebesar 4,832. Implementasi strategi yang tepat
diharapkan dapat meningkatkan daya saing perusahaan dan memperluas pangsa
pasar, baik di tingkat nasional maupun internasional.
Kata Kunci: IFE, EFE, SWOT, QSPM
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IFE, EFE, SWOT, QSPM |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 07:37 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 07:37 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40589 |
Actions (login required)
View Item |