PENGARUH CITRA MEREK, CELEBRITY ENDORSER DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Pada Pengguna Produk Scarlett Whitening Mahasiswa di Provinsi Yogyakarta)

FADHILA, IFTITA NAHDA (2024) PENGARUH CITRA MEREK, CELEBRITY ENDORSER DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Pada Pengguna Produk Scarlett Whitening Mahasiswa di Provinsi Yogyakarta). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Skripsi Fulltext_152190119_Iftita Nahda Fadhila.pdf] Text
Skripsi Fulltext_152190119_Iftita Nahda Fadhila.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of COVER__152190119_Iftita Nahda Fadhila.pdf] Text
COVER__152190119_Iftita Nahda Fadhila.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of ABSTRAK_152190119_IFTITANAHDAFADHILA.pdf] Text
ABSTRAK_152190119_IFTITANAHDAFADHILA.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of HalamanPengesahan_152190119_IftitaNahdaF.pdf] Text
HalamanPengesahan_152190119_IftitaNahdaF.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of DaftarIsi_152190119_IftitaNahdaFadhila.pdf] Text
DaftarIsi_152190119_IftitaNahdaFadhila.pdf

Download (599kB)
[thumbnail of DaftarPustaka_152190119_IftitaNahdaFadhila.pdf] Text
DaftarPustaka_152190119_IftitaNahdaFadhila.pdf

Download (197kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan oleh Iftita Nahda Fadhila dengan nomor induk
mahasiswa 152190119, Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Fakkultas Ilmu Sosial
dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan “Veteran” Yogyakarta. Bertujuan
untuk menganalisis ''Pengaruh Citra Merek, Celebrity Endorser, dan Word of
Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada pengguna produk
Scarlett Whitening pada Mahasiswa di Provinsi Yogyakarta). Pembimbing 1 Bapak
Dr. Susanta, M.Si dan Pembimbing 2 Bapak Dr.Hastho Joko Nur Utomo, S.Sos,
M.Si.
Citra merek merupakan persepsi konsumen terhadap reputasi dan kualitas
merek, yang dapat mempengaruhi minat beli. Celebrity endorser digunakan untuk
menarik perhatian konsumen dengan memanfaatkan popularitas dan kredibilitas
selebriti yang mendukung produk. Sementara itu, word of mouth, sebagai bentuk
rekomendasi dari mulut ke mulut, memiliki peran penting dalam mempengaruhi
keputusan pembelian melalui pengalaman dan testimoni pengguna sebelumnya.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Data
dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa pengguna
Scarlett Whitening di Yogyakarta. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi
linier berganda untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel independen
terhadap variabel dependen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek, celebrity endorser, dan
word of mouth secara signifikan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian
konsumen. Word of mouth memiliki pengaruh paling dominan, diikuti oleh citra
merek, dan terakhir celebrity endorser. Temuan ini mengindikasikan bahwa
perusahaan perlu fokus pada strategi yang memfasilitasi dan mendorong
komunikasi dari mulut ke mulut, memperkuat citra merek, serta memanfaatkan
promosi melalui selebriti untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen.
Kata kunci: citra merek, celebrity endorser, word of mouth, keputusan pembelian,
Scarlett Whitening, mahasiswa Yogyakarta

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: citra merek, celebrity endorser, word of mouth, keputusan pembelian, Scarlett Whitening, mahasiswa Yogyakarta
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:45
Last Modified: 25 Jul 2024 02:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40434

Actions (login required)

View Item View Item