Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi C-Access Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)

Himawan, Ilma Fajrina Rahmadina (2024) Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi C-Access Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. COVER SKRIPSI_124190052_Ilma Fajrina Rahmadina Himawan.pdf] Text
2. COVER SKRIPSI_124190052_Ilma Fajrina Rahmadina Himawan.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK SKRIPSI_124190052_Ilma Fajrina Rahmadina Himawan.pdf] Text
4. ABSTRAK SKRIPSI_124190052_Ilma Fajrina Rahmadina Himawan.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI_124190052_Ilma Fajrina Rahmadina Himawan.pdf] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI_124190052_Ilma Fajrina Rahmadina Himawan.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI SKRIPSI_124190052_Ilma Fajrina Rahmadina Himawan.pdf] Text
5. DAFTAR ISI SKRIPSI_124190052_Ilma Fajrina Rahmadina Himawan.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR PUSTAKA_124190052_Ilma Fajrina Rahmadina Himawan.pdf] Text
6. DAFTAR PUSTAKA_124190052_Ilma Fajrina Rahmadina Himawan.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 1. FULLTEXT SKRIPSI_124190052_Ilma Fajrina Rahmadina Himawan.pdf] Text
1. FULLTEXT SKRIPSI_124190052_Ilma Fajrina Rahmadina Himawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dengan berkembangnya bisnis layanan transportasi, semakin diperhatikan juga
kualitas pelayanannya. Hingga saat ini, moda transportasi kereta komuter di wilayah
Yogyakarta-Solo dan Jabodetabek telah berkembang dengan cepat dan memiliki sejarah
perjalanan yang cukup lama untuk dapat menjadi seperti sekarang. Perkembangan ini
telah membantu pengguna kereta komuter, terutama dalam hal meningkatkan kualitas
pelayanan yang diberikan PT Kereta Commuter Indonesia.
PT Kereta Commuter Indonesia telah menyadari betapa pentingnya sebuah aplikasi
mobile untuk memberikan layanan informasi kereta komuter secara daring melalui
aplikasi C-Access. Aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan proses akses informasi dan
transaksi.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Memenuhi kebutuhan PT Kereta Commuter Indonesia
dalam mengetahui tingkat kepuasan pengguna aplikasi C-Access. (2) Mengetahui faktor
yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna aplikasi C-Access.
Metode yang digunakan adalah End User Computing Satisfaction (EUCS). Pengumpulan
data dalam penelitian ini meliputi studi pustaka, wawancara, dan kuesioner yang
dimaksudkan untuk memperoleh informasi secara tertulis dari responden yang berkaitan
dengan tujuan penelitian.
Simpulan penelitian ini adalah dari masing-masing variabel content, accuracy,
format, ease of use, dan timeliness secara parsial berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan pengguna. Untuk variabel kepuasan pengguna, secara simultan
berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Kelima variabel mendapatkan hasil persentase
di atas 80% yang mana termasuk ke dalam kategori skala persentase kepuasan pengguna
‘sangat puas’.

Kata Kunci: C-Access, Kepuasan Pengguna, End User Computing Satisfaction (EUCS)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: C-Access, Kepuasan Pengguna, End User Computing Satisfaction (EUCS)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 08 Jul 2024 02:41
Last Modified: 08 Jul 2024 02:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40169

Actions (login required)

View Item View Item