STRATEGI HUMAS PT PUPUK KALIMANTAN TIMUR KEPADA MASYARAKAT SEKITAR PERUSAHAAN UNTUK MENDUKUNG CITRA PERUSAHAAN

Widayanti, Lalitya Inas (2024) STRATEGI HUMAS PT PUPUK KALIMANTAN TIMUR KEPADA MASYARAKAT SEKITAR PERUSAHAAN UNTUK MENDUKUNG CITRA PERUSAHAAN. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak_153170114_Lalitya Inas Widayanti.pdf] Text
Abstrak_153170114_Lalitya Inas Widayanti.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of Cover_153170114_Lalitya Inas Widayanti.pdf] Text
Cover_153170114_Lalitya Inas Widayanti.pdf

Download (26kB)
[thumbnail of Daftar Isi_153170114_Lalitya Inas Widayanti.pdf] Text
Daftar Isi_153170114_Lalitya Inas Widayanti.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_153170114_Lalitya Inas Widayanti.pdf] Text
Daftar Pustaka_153170114_Lalitya Inas Widayanti.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_153170114_Lalitya Inas Widayanti.pdf] Text
Lembar Pengesahan_153170114_Lalitya Inas Widayanti.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext_153170114_Lalitya Inas Widayanti.pdf] Text
Skripsi Fulltext_153170114_Lalitya Inas Widayanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini berjudul “Strategi Humas PT Pupuk Kalimantan Timur Kepada
Masyarakat Sekitar Perusahaan Untuk Mendukung Citra Perusahaan”. Setiap
perusahaan pasti memiliki dinamika konflik, begitu juga dengan perusahaan PT. Pupuk
Kalimantan Timur yang sudah pasti pernah terkena pemberitaan negatif. Salah satu
pemberitaan negatif adanya aksi demo masyarakat sekitar meminta transparasi alokasi
dana CSR PKT. Oleh karena itu, Humas PT. Pupuk Kalimantan Timur harus
mempunyai strategi-strategi yang mereka gunakan dengan tujuan untuk
mempertahankan citra perusahaan. Dalam membentuk citra perusahaan, humas
biasanya mempunyai relasi yang luas terutama terhadap stakeholder Kota Bontang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi Humas PT. Pupuk
Kalimantan Timur kepada masyarakat sekitar perusahaan untuk menjaga citra
perusahaan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Model yang
digunakan penelitian ini adalah model Miles & Huberman yang mencakup
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan serta teori
dalam penelitian ini menggunakan teori perencanaan komunikasi. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi literature,
serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan strategi humas PT. Pupuk
Kalimantan Timur dalam mengatasi pemberitaan negatif perusahaan dengan cara
melakukan publikasi ke media sosial maupun media massa tentang pemberitaan positif,
selain itu melakukan klarifikasi oleh spoke person perusahaan, mengadakan event yang
dapat diikuti oleh masyarakat.
Kata Kunci : Strategi, Humas, PT. Pupuk Kalimantan Timur
ABSTRACT
This research is entitled "PT Pupuk Kalimantan Timur's Public Relations Strategy to
the Community Around the Company to Support the Company's Image". Every
company has conflict dynamics. Pupuk Kalimantan Timur has certainly been exposed
to negative news. One of the negative reports was a demonstration by the local
community asking for transparency in the allocation of PKT CSR funds. Therefore, the
Public Relations of PT. Pupuk Kalimantan Timur must have strategies that they use to
maintain the company's image. In forming a company image, public relations usually
have extensive relationships, especially with Bontang City stakeholders. This research
aims to find out how PT. Pupuk Kalimantan Timur to the community around the
company to maintain the company's image. This type of research uses a qualitative
approach. The model used in this research is the Miles & Huberman model which
includes data collection, data reduction, data presentation, and conclusion and the
theory in this research uses communication planning theory. The data collection
techniques used were interviews, literature observation, and documentation. The
research results show that PT. Pupuk Kalimantan Timur handles negative company
news by publishing positive news on social media and mass media, in addition to
providing clarification by company spokespersons and holding events in which the
public can participate.
Keywords : Strategy, Public Relations, PT. Pupuk Kalimantan Timur

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategy, Public Relations, PT. Pupuk Kalimantan Timur
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:43
Last Modified: 05 Jul 2024 02:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40132

Actions (login required)

View Item View Item