STRATEGI KOMUNIKASI KRISIS PT. TAMAN WISATA CANDI BOROBUDUR, PRAMBANAN & RATU BOKO (Persero) PASCA PANDEMI COVID-19

Putri, Desyiah (2024) STRATEGI KOMUNIKASI KRISIS PT. TAMAN WISATA CANDI BOROBUDUR, PRAMBANAN & RATU BOKO (Persero) PASCA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Cover_153170004_Desyiah Putri.pdf] Text
2. Cover_153170004_Desyiah Putri.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153170004_Desyiah Putri.pdf] Text
3. Abstrak_153170004_Desyiah Putri.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153170004_Desyiah Putri.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153170004_Desyiah Putri.pdf

Download (537kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153170004_Desyiah Putri.pdf] Text
5. Daftar Isi_153170004_Desyiah Putri.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153170004_Desyiah Putri.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153170004_Desyiah Putri.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_ 153170004_Desyiah Putri.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_ 153170004_Desyiah Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan krisis di berbagai sektor termasuk sektor
kepariwisataan Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC).
Kebijakan mengenai pembatasan dan penutupan tempat wisata menyebabkan
kunjungan wisatawan ke Taman Wisata Candi mengalami penurunan yang sangat
signifikan. Upaya respon situasi krisis patut dilakukan Taman Wisata Candi agar
aktivitas kepariwisataan TWC bisa berjalan. Kebutuhan akan informasi oleh pelaku
wisata juga merupakan hal yang penting mengingat ketidakpastian informasi yang
beredar. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi strategi komunikasi krisis
Taman Wisata Candi dalam melakukan penyesuaian aktivitas kepariwisataan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teori Situasional
Crisis Communication Theory (SCCT), Jenis penelitian adalah studi kasus. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses komunikasi krisis Taman Wisata Candi
dalam melakukan penyesuaian aktivitas kepariwisataan di masa pandemi dan pasca
pandemi adalah dengan melakukan inovasi, adaptasi dan kolaborasi lintas sektor.

Kata Kunci: Pandemi Covid-19, Komunikasi Krisis, SCCT

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pandemi Covid-19, Komunikasi Krisis, SCCT
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 04 Jul 2024 06:33
Last Modified: 04 Jul 2024 06:33
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40112

Actions (login required)

View Item View Item