LESTARI, PUTRI (2024) Sunset Del Coffee Sebagai Ruang Komunikasi Sosial Bagi Generasi Z. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
1.Skripsi Fulltext_153200012_Putri Lestari.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
2. Cover Skripsi_153200012_Putri Lestari.pdf Download (137kB) |
|
Text
3. Abstrak_153200012_Putri Lestari.pdf Download (12kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_153200012_Putri Lestari.pdf Download (145kB) |
|
Text
5. Daftar Isi_153200012_Putri Lestari.pdf Download (144kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_153200012_Putri Lestari.pdf Download (169kB) |
Abstract
Generasi Z merupakan generasi yang dijuluki sebagai digital native dimana
selalu terhubung dengan teknologi. Mereka menjadikan ruang publik sebagai tempat
berinteraksi dan berkomunikasi baik secara langsung maupun tidak langsung. Sunset
Del Coffee merupakan salah satu ruang publik yang dijadikan oleh generasi Z sebagai
tempat untuk memenuhi kebutuhan komunikasi mereka. Pada penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik
pengumpulan data wawancara dan observasi. Dalam penelitian ini menggunakan teori
Ruang Publik yang diusung oleh Jurgen Habermas. Berdasarkan metode dan teori yang
digunakan menunjukan bahwa para generasi Z menggunakan Sunset Del Coffee untuk
memenuhi kebutuhan komunikasi mereka yang dapat dilihat dalam aktivitas
nongkrong (70%), belajar (20%), dan bekerja (10%). Pemenuhan tersebut didukung
dengan bentuk komunikasi yang digunakan oleh generasi Z yaitu komunikasi tatap
muka dan komunikasi digital berbasis Computer Mediated Communication. Melalui
komunikasi sosial yang terjalin menciptakan makna diantaranya adanya peningkatan
kualitas komunikasi, meningkatnya produktivitas diri, sarana hiburan dan
mengekspresikan diri. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Teori Ruang Publik
mampu memberikan kerangka kerja untuk dapat memahami ruang publik, namun teori
ini tidak sepenuhnya memenuhi temuan penelitian Sunset Del Coffee. Hal ini terlihat
dari homogenitas pengunjung, dominasi budaya dan ekonomi, dan aksesibilitas yang
terbatas.
Kata Kunci: Ruang Publik, Komunikasi Sosial, Coffee Shop, Generasi Z
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ruang Publik, Komunikasi Sosial, Coffee Shop, Generasi Z |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 04:37 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 04:37 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39923 |
Actions (login required)
View Item |