Rahmawati, Wulan (2024) PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen Pantene Miracle Hair Supplement di Shopee). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
Cover_152200070_Wulan Rahmawati.pdf Download (148kB) |
|
Text
ABSTRAK_152200070_Wulan Rahmawati.pdf Download (284kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN_152200070_Wulan Rahmawati.pdf Download (345kB) |
|
Text
DAFTAR ISI_152200070_Wulan Rahmawati.pdf Download (331kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_152200070_Wulan Rahmawati.pdf Download (179kB) |
|
Text
Skripsi Fulltext_152200070_Wulan Rahmawati.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Wulan Rahmawati, Nomor Induk Mahasiswa 152200070, Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Pembangunan “Veteran” Yogyakarta. Judul penelit ian Pengaruh Celebrity
Endorsement terhadap Keputusan Pembelian melalui Citra Merek (Studi pada
Konsumen Pantene Miracle Hair Supplement di Shopee). Dosen pembimbing
Dr.Susanta, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh celebrity
endorsement terhadap keputusan pembelian melalui citra merek produk Pantene
Miracle Hair Supplement. Jenis penelitian ini adalah explanatory research.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling
dengan metode purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 69
konsumen yang pernah membeli salah satu produk kondisioner Pantene Miracle
Hair Supplement dan pernah melihat konten promosi Keanu Angelo mengenai
Pantene Miracle Hair Supplement. Analisi data menggunakan perangkat lunak
SmartPLS 4.0, metode analisis data yang digunakan yaitu SEM PLS.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa vriabel celebrity endorsement (X1)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Citra Merek (Z), variabel celebrity
endorsement (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan
Pembelian (Y), variabel Citra Merek (Z) berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Keputusan Pembelian (Y), variabel celebrity endorsement (X)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) melalui
Citra Merek (Z).
Saran dari penelitian ini adalah Pantene harus tetap melakukan startegi
komunikasi dengan menggunakan celebrity endorsement namun dengan lebih
memperhatikan karakter endorser yang dipilih. Selain itu, Pantene diharapkan
dapat mempertahankan reputasinya agar citra merek terus terjaga dengan
mempertahankan kualitas produk, memperhatikan kemasan, visual dan
menggunakan komunikator atau endorser yang kredibel dan memiliki reputasi
yang baik pula. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah menambahkan variabel
baru karena nilai R-Square keputusan pembelian masih menunjukan angka 36,9%
sedangkan R-Square citra merek menunjukan angka 40,8%.
Kata kunci: Celebrity Endorsement, Citra Merek, Keputusan Pembelian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Celebrity Endorsement, Citra Merek, Keputusan Pembelian. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Bayu Setya Pambudi |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 04:31 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 04:31 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39819 |
Actions (login required)
View Item |