STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PRODUK ABON DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA PT DAMA PUTRA SEJAHTERA DI KABUPATEN SLEMAN

HANDAYANI, FADILLA RIZKI SARI (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PRODUK ABON DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA PT DAMA PUTRA SEJAHTERA DI KABUPATEN SLEMAN. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of (1) SKRIPSI_FADILLA RIZKI SARI H_135200044.pdf] Text
(1) SKRIPSI_FADILLA RIZKI SARI H_135200044.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of (2) ABSTRAK SKRIPSI_FADILLA RIZKI SARI H_135200044.pdf] Text
(2) ABSTRAK SKRIPSI_FADILLA RIZKI SARI H_135200044.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of (3) COVER SKRIPSI_FADILLA RIZKI SARI H_135200044.pdf] Text
(3) COVER SKRIPSI_FADILLA RIZKI SARI H_135200044.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of (4) Lembar Pengesahan Skripsi Fadilla.pdf] Text
(4) Lembar Pengesahan Skripsi Fadilla.pdf

Download (407kB)
[thumbnail of (5) DAFTAR ISI_FADILLA RIZKI S.H_135200044.pdf] Text
(5) DAFTAR ISI_FADILLA RIZKI S.H_135200044.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of (6) DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf] Text
(6) DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (94kB)

Abstract

Fadilla Rizki Sari Handayani. 2024. Strategi Pengembangan Usaha Produk Abon
dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) pada PT Dama Putra
Sejahtera di Kabupaten Sleman. Dibimbing Oleh: Dwi Aulia Puspitaningrum.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi profil PT Dama Putra
Sejahtera, (2) menganalisis faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal pada
usaha olahan produk abon di PT Dama Putra Sejahtera, (3) menganalisis alternatif
pilihan strategi dalam mengembangkan usaha olahan produk abon pada PT Dama
Putra Sejahtera melalui SWOT, (4) menentukan keputusan strategi prioritas dalam
mengembangkan usaha olahan produk abon pada PT Dama Putra Sejahtera
berdasarkan metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Metode penelitian
menggunakan metode deskriptif kuantitatif berdasarkan studi kasus. Metode
pengambilan responden menggunakan metode purposive. Metode pengambilan
data melalui observasi, wawancara, focus group discussion (FGD), kuesioner, dan
dokumentasi. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif
dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik analisis data dengan
menggunakan matriks Internal Factor Evaluation (IFE); matriks External Factor
Evaluation (EFE); matriks Internal-External (IE); matriks Strengths, Weaknesses,
Opportunities, Threats (SWOT); dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa (1) PT Dama Putra Sejahtera merupakan usaha
berskala kecil yang memproduksi dan memasarkan produk abon kategori jenis
hewani dan nabati yang memiliki dua brand, yaitu “daun emas” dan “misterbonte”.
(2) Faktor internal PT Dama Putra Sejahtera, kekuatan utama pada indikator
kekuatan produk, sedangkan kelemahan utama pada keterbatasan mesin produksi.
Faktor eksternal, peluang utama yaitu konsumen vegetarian yang mencari produk
abon nabati, sedangkan ancaman utama yaitu kompetitor yang dapat menjangkau
pasar lebih luas dalam melakukan promosi dan pemasaran secara online. (3)
Alternatif strategi yang dihasilkan oleh matriks SWOT pada skor tertinggi strategi
S-O (Strengths-Opportunities), yang berarti menandakan perusahaan memiliki
kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada. (4) Keputusan strategi prioritas
melalui metode AHP menghasilkan urutan prioritas alternatif strategi S-O yang
dapat disarankan dan diterapkan untuk PT Dama Putra Sejahtera dengan bobot
tertinggi yaitu strategi memanfaatkan platform sosial media, website, dan
marketplace untuk menggencarkan promosi dan pemasaran.
Kata Kunci : Strategi, Pengembangan Usaha, Abon, SWOT, AHP.
Fadilla Rizki Sari Handayani. 2024. Business Development Strategy Floss
Product with Analytical Hierrachy Process (AHP) Method at PT Dama Putra
Sejahtera in Sleman Regency. Supervised by : Dwi Aulia Puspitaningrum
ABSTRACT
This research aimed to (1) identified the company profile at PT Dama Putra
Sejahtera, (2) analyzed internal and external environmental factors in the floss
product at PT Dama Putra Sejahtera, (3) analyzed alternative strategic options in
developing the floss product at PT Dama Putra Sejahtera through SWOT, (4)
determined priority strategy decisions in developing the floss product at PT Dama
Putra Sejahtera based on the AHP (Analytical Hierarchy Process) method. The
research method used quantitative descriptive method based on case studies. The
method for collecting respondents used a purposive method. Data collection
methods through observation, interviews, focus group discussions (FGD),
questionnaires, and documentation. The types of data used are quantitative data
and qualitative data with primary and secondary data. Data analysis techniques
used the Internal Factor Evaluation (IFE) matrix; External Factor Evaluation
(EFE) matrix; Internal-External (IE) matrix; Strengths, Weaknesses,
Opportunities, Threats (SWOT) matrix; and Analytical Hierarchy Process (AHP).
The research results show that (1) PT Dama Putra Sejahtera is a small-scale
business that produces and markets floss products in animal and vegetal categories
which has two brands, namely "daun emas" and "misterbonte". (2) PT Dama Putra
Sejahtera's internal factors, the main strength is the product strength indicator,
while the main weakness is the limited production machine. Regarding external
factors, the main opportunity is vegetarian consumers who are looking for vegetal
floss products, while the main threat is competitors who can reach a wider market
by carrying out online promotions and marketing. (3) The strategic alternatives
produced by the SWOT matrix have the highest S-O (Strengths-Opportunities)
strategy score, which means the company has the strength to take advantage of
existing opportunities. (4) Decisions on priority business development strategies
used the AHP method produce a priority sequence of alternative S-O strategies that
can be suggested and implemented for PT Dama Putra Sejahtera with the highest
weight, namely the strategy of utilizing social media platforms, websites and
marketplaces to intensify promotion and marketing.
Keywords : Strategy, Business Development, Floss, SWOT, AHP

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategy, Business Development, Floss, SWOT, AHP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 04 Jun 2024 04:57
Last Modified: 04 Jun 2024 04:57
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39609

Actions (login required)

View Item View Item