STRATEGI PEMASARAN PRODUK “JAMUR PRIYAYI” PADA UMKM OEMAH DJAMUR SAWAH DI KEMUDO PRAMBANAN KLATEN

SASETYAWATI, FATYA VIRNANDA (2024) STRATEGI PEMASARAN PRODUK “JAMUR PRIYAYI” PADA UMKM OEMAH DJAMUR SAWAH DI KEMUDO PRAMBANAN KLATEN. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak_135200076_Fatya Virnanda Sasetyawati.pdf] Text
Abstrak_135200076_Fatya Virnanda Sasetyawati.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of Cover_135200076_Fatya Virnanda Sasetyawati.pdf] Text
Cover_135200076_Fatya Virnanda Sasetyawati.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of Daftar Isi_135200076_Fatya Virnanda Sasetyawati.pdf] Text
Daftar Isi_135200076_Fatya Virnanda Sasetyawati.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_135200076_Fatya Virnanda Sasetyawati.pdf] Text
Daftar Pustaka_135200076_Fatya Virnanda Sasetyawati.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_135200076_Fatya Virnanda S.pdf] Text
Lembar Pengesahan_135200076_Fatya Virnanda S.pdf

Download (526kB)
[thumbnail of Skripsi Full_135200076_Fatya Virnanda Sasetyawati.pdf] Text
Skripsi Full_135200076_Fatya Virnanda Sasetyawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Fatya Virnanda Sasetyawati. 2024. Strategi Pemasaran Produk “Jamur Priyayi”
Pada UMKM Oemah Djamur Sawah Di Kemudo Prambanan Klaten. Dibimbing
Oleh Dwi Aulia Puspitaningrum
ABSTRAK
Penelitian dilakukan pada UMKM Oemah Djamur Sawah yang berlokasi di Desa
Kemudo, Prambanan, Klaten. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis posisi
produk Jamur Priyayi pada siklus hidup produk; 2) menganalisis faktor internal dan
eksternal UMKM Oemah Djamur Sawah; 3) menentukan alternatif strategi
pemasaran untuk meningkatkan penjualan keripik jamur “Jamur Priyayi” UMKM
Oemah Djamur Sawah. Metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode
pelaksanaan penelitian studi kasus. Jenis data yang digunakan adalah data primer
dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Focus Group
Discussion (FGD), wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang
digunakan metode Polly & cook, matriks Evaluasi Faktor Internal (EFI), matriks,
Evaluasi Faktor Eksternal (EFE), dan Matriks Strength, Weakness, Opportunity,
Threat (SWOT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) produk Jamur Priyayi
UMKM Oemah Djamur Sawah berada pada tahap pertumbuhan; 2) Faktor internal
yang memiliki skor tertinggi bagi UMKM Oemah Djamur Sawah pada faktor
kekuatan yaitu usaha telah memiliki pelanggan tetap serta faktor kelemahan
kurangnya pemanfaatan media online dalam memasarkan produk. Faktor eksternal
yang memiliki skor tertinggi bagi UMKM Oemah Djamur Sawah pada faktor
peluang yaitu minat masyarakat membeli produk sebagai cemilan dan oleh – oleh,
serta faktor ancaman pesaing memasarkan produk dengan metode yang lebih
variatif; 3) alternatif strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan penjualan
jamur priyayi UMKM Oemah Djamur Sawah yaitu strategi pemasaran yang agresif
melalui pemasaran secara digital, brand activation, serta penambahan saluran
distribusi.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, Keripik Jamur, Siklus Hidup Produk
Fatya Virnanda Sasetyawati. 2024. Marketing Strategy for "Priyayi Mushrooms"
Products at UMKM Oemah Djamur Sawah in Kemudo Prambanan Klaten.
Supervised by Dwi Aulia Puspitaningrum
ABSTRACT
The research was conducted on UMKM Oemah Djamur Sawah located in Kemudo
Village, Prambanan, Klaten. This research aimed to 1) analyze the position of
Priyayi Mushroom product on the product life cycle; 2) analyze the internal and
external factors of UMKM Oemah Djamur Sawah; 3) determine alternative
marketing strategies to increase sales of mushroom chips "Priyayi Mushroom"
UMKM Oemah Djamur Sawah. The research method used a type of quantitative
descriptive research with a case study research implementation method. The types
of data are used primary and secondary data. Data collection used Focus Group
Discussion (FGD), interviews, observations, and documentation. The analysis
technique used the Polly & cook method, Internal Factor Evaluation (EFI) matrix,
matrix, External Factor Evaluation (EFE), and Strength, Weakness, Opportunity,
Threat (SWOT) matrix. The results showed that 1) the Priyayi Mushroom product
of UMKM Oemah Djamur Sawah is at the growth stage; 2) Internal factors that
had the highest score for UMKM Oemah Djamur Sawah on the strength factor is
the business already has regular customers and the weakness factor is the lack of
use of online media in marketing products. External factors that had the highest
score for UMKM Oemah Djamur Sawah on opportunity factor is public interest in
buying products as snacks and souvenirs, as well as threat factor is competitors to
market products with more varied methods; 3) alternative strategies that could be
applied to increase sales of priyayi mushrooms UMKM Oemah Djamur Sawah are
aggressive marketing strategies through digital marketing, brand activation, and
additional distribution channels.
Keywords: Marketing Strategy, Mushrooms Chips, Product Life Cycle

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Marketing Strategy, Mushrooms Chips, Product Life Cycle
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 03 Jun 2024 02:08
Last Modified: 03 Jun 2024 02:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39589

Actions (login required)

View Item View Item