STRATEGI PEMASARAN KERIPIK TEMPE SAGU ALIYA DI DUSUN DUKUH KALURAHAN SELOHARJO KAPANEWON PUNDONG KABUPATEN BANTUL

Utami, Noviana Tri (2024) STRATEGI PEMASARAN KERIPIK TEMPE SAGU ALIYA DI DUSUN DUKUH KALURAHAN SELOHARJO KAPANEWON PUNDONG KABUPATEN BANTUL. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of Laporan Akhir.pdf] Text
Laporan Akhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB)
[thumbnail of lembar pengesahan.pdf] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (422kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi faktor-faktor internal
dan eksternal yang mempengaruhi strategi pemasaran pada keripik tempe sagu
Aliya (2) Menganalisis alternatif strategi pemasaran berdasarkan analisis Internal
External (IE) pada Keripik Tempe Sagu Aliya (2) Menganalisis keputusan strategi
yang tepat untuk pemasaran produk keripik tempe sagu Aliya berdasarkan
Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Metode penelitian yang
digunakan adalah metode deskriptif-studi kasus. Metode penentuan responden
menggunakan purpossive dan terdapat 7 responden terpilih. Macam data yang
digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data berupa
observasi, FGD, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis yang
digunakan adalah matriks IFE dan EFE, metode IE, dan metode QSPM. Hasil
penelitian (1) Kekuatan utama keripik tempe sagu Aliya yaitu memiliki izin P-IRT
dan kelemahan yaitu belum memiliki manajemen pengolahan data serta peluang
utama yaitu permintaan meningkat pada hari besar dan ancaman perubahan selera
konsumen. (2) Alternatif strategi pemasaran keripik tempe sagu Aliya yaitu
menjalin kerjasama dengan distributor yang potensial untuk menambah pangsa
pasar, melakukan kegiatan promosi melalui pemanfaatan teknologi untuk menarik
pelanggan potensial, dan meningkatkan kualitas produk untuk meningkatkan daya
saing. (3) Keputusan alternatif strategi yang tepat untuk pemasaran produk keripik
tempe sagu berdasarkan QSPM yaitu strategi menjalin kerjasama dengan distributor
yang potensial untuk menambah pangsa pasar. Berdasarkan hasil QSPM strategi
menjalin kerjasama dengan distributor yang potensial untuk menambah pangsa
pasar mendapatkan skor 5,84.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Internal Eksternal, QSPM

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Internal Eksternal, QSPM
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri
Date Deposited: 29 May 2024 04:48
Last Modified: 29 May 2024 04:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39542

Actions (login required)

View Item View Item