STRATEGI GERAKAN #METOO TERHADAP ISU PELECEHAN SEKSUAL DI INDIA: STUDI KASUS SUARA PRIYA RAMANI DALAM ARTIKEL VOGUE TAHUN 2018-2021

PUTRI, AULYA RACHMAH (2024) STRATEGI GERAKAN #METOO TERHADAP ISU PELECEHAN SEKSUAL DI INDIA: STUDI KASUS SUARA PRIYA RAMANI DALAM ARTIKEL VOGUE TAHUN 2018-2021. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1.COVER DEPAN_Aulya Rachmah Putri_15120150.pdf] Text
1.COVER DEPAN_Aulya Rachmah Putri_15120150.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 2.LEMBAR PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN_Aulya Rachmah Putri_15120150.pdf] Text
2.LEMBAR PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN_Aulya Rachmah Putri_15120150.pdf

Download (536kB)
[thumbnail of 3.ABSTRAK_Aulya Rachmah Putri_151200150.pdf] Text
3.ABSTRAK_Aulya Rachmah Putri_151200150.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 4.DAFTAR ISI_Aulya Rachmah Putri_151200150.pdf] Text
4.DAFTAR ISI_Aulya Rachmah Putri_151200150.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 5.DAFTAR PUSTAKA_AULYA RACHMAH PUTRI.pdf] Text
5.DAFTAR PUSTAKA_AULYA RACHMAH PUTRI.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 6.SKRIPSI_Aulya Rachmah Putri_151200150.pdf] Text
6.SKRIPSI_Aulya Rachmah Putri_151200150.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

iv
ABSTRAK
Gerakan #MeToo yang hadir melalui suara Priya Ramani dalam Artikel
Vogue yang ia tuliskan merupakan gerbang awal bagi para perempuan di India
untuk menyuarakan keadilan dan menghadapi isu pelecehan seksual. Penelitian ini
memaparkan strategi dari gerakan #MeToo sebagai gerakan sosial baru berbentuk
kampanye digital dengan fokus untuk mewadahi dan mendukung korban dalam
menghadapi pelecehan seksual yang dialami dengan menggunakan metode
penelitian kualitatif disertai konsep Aktivisme Digital. Hasil yang disajikan dalam
penelitian ini adalah strategi gerakan #MeToo di India meliputi aksesibilitas wadah
kampanye melalui media sosial seperti Twitter dan Artikel Online. Ditandai dengan
adanya ‘power user’, tanda tagar #MeToo, dan narasi kolektif sebagai bentuk
visibilitas pergerakan, serta Ekosistem berjalannya gerakan #MeToo di India
melalui adanya konektivitas digital dari isu yang disoroti yang kemudian
menghasilkan efek domino berbentuk solidaritas. Strategi tersebut menghadirkan
perspektif yang baik dari masyarakat dan mendorong beberapa perubahan secara
sosial.
Kata Kunci: Pelecehan Seksual, Gerakan #MeToo, Aktivisme Digital, India
v
ABSTRACT
The #MeToo movement that was present through Priya Ramani's voice in
the Vogue article she wrote was the starting gate for women in India to voice justice
and face the issue of sexual harassment. This research describes the strategy of the
#MeToo movement as a new social movement in the form of a digital campaign
with a focus on accommodating and supporting victims in dealing with sexual
harassment experienced using qualitative research methods accompanied by the
concept of Digital Activism. The results presented in this study are the strategies of
the #MeToo movement in India include the accessibility of campaign platforms
through social media such as Twitter and Online Articles. Marked by the existence
of 'power users', #MeToo hashtag signs, and collective narratives as a form of
movement visibility, and the Ecosystem of the #MeToo movement in India through
the digital connectivity of the highlighted issues which then produces a domino
effect in the form of solidarity. Such strategies bring a favorable perspective from
the society and encourage some social changes.
Keywords: Sexual Harassment, #MeToo Movement, Digital Activism, India

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sexual Harassment, #MeToo Movement, Digital Activism, India
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 16 May 2024 04:25
Last Modified: 16 May 2024 04:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39443

Actions (login required)

View Item View Item