Wicaksana, Lanang Rineksa (2024) PENGARUH DESTINATION ATTRACTIVENESS DAN MEMORABLE TOURIST EXPERIENCE TERHADAP PLACE ATTACHMENT SERTA DAMPAKNYA PADA DESTINATION LOYALTY (Studi pada Wisatawan yang Sudah Berkunjung di Puncak Sosok, Bantul, DIY). Other thesis, UPN Veteran Yogyajarta.
Text
ABSTRAK_152190091_LANANG_RI.PDF Download (122kB) |
|
Text
COVER_152190091_LANANG_RINE.PDF Download (77kB) |
|
Text
DAFTAR_ISI.PDF Download (16kB) |
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA_152190091_LA.PDF Download (87kB) |
|
Text
LEMBAR_PENGESAHAN_152190091.PDF Download (122kB) |
|
Text
SKRIPSI_FULLTEXT_152190091_.PDF Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAKSI
Lanang Rineksa Wicaksana, Nomor Induk Mahasiswa 152190091, Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional
“Veteran” Yogyakarta. Judul penelitian “Pengaruh Destination Attractiveness dan Memorable
Tourim Experience Terhadap Place Attachment dan Dampaknya Terhadap Destination Loyalty”
(Studi pada Wisatawan yang Telah Berkunjung di Puncak Sosok, Bantul, DIY). Pembimbing 1
Eny Pujiastuti dan Pembimbing II Lukmono Hadi.
Penelitian in bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Destination Attractiveness dan
Memorable Tourim Experience Terhadap Place Attachment dan Dampaknya Terhadap
Destination Loyalty (Studi pada Wisatawan yang Telah Berkunjung di Puncak Sosok, Bantul,
DIY). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan yang sudah pernah berkunjung
minimal dua kali pada Objek Wisata Puncak Sosok yang berjumlah tak terhingga. Penelitian ini
menggunakan tipe explanatory dengan menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian
ini adalah wisatawan yang sudah berkunjung minimal dua kali pada Objek Wisata Puncak Sosok.
Ukuran sampel dengan 131 resoinden didapatkan dari perhitungan rumus Machin dan Cambell.
Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling. Teknik analisis data
menggunakan analisis statistik deskriptif dengan tabel dan presentasi, serta analisis statistik
inferensial menggunakan SEM AMOS dan Uji Sobel.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel destination attractiveness
berpengaruh signifikan terhadap place attachment, memorable tourist experience berpengaruh
signifikan terhadap place attachment, destination attrativeness berpengaruh signifikan terhadap
destination loyalty, memorable tourist experience berpengaruh signifikan terhadap destination
loyalty, place attachment berpengaruh signifikan terhadap destination loyalty, detination
attractiveness berpengaruh signifikan terhadap destination loyalty melalui place atatchment,
memorable tourist experience berpengaruh signifikan terhadap destination loyalty melalui p;ace
attachment.
Berdasarkan hasil penelitian, Objek Wisata Puncak Sosok harus mampu meningkatkan
produk wisata (daya tarik wisata) dan pengalaman berwisata wisatawan yang berkesan positif di
benak wisatawan sehingga menumbuhkan keterikatan tempat antara wisatawan dengan destinasi
wisata sehingga wisatawan bisa timbul rasa loyal terhadap Puncak Sosok kedepannya.
Kata kunci: Destination Attractiveness, Memorable Tourist Experience, Place
Attachment, Destination Loyalty.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Destination Attractiveness, Memorable Tourist Experience, Place Attachment, Destination Loyalty. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 04 Apr 2024 04:08 |
Last Modified: | 04 Apr 2024 04:08 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39264 |
Actions (login required)
View Item |