PENGARUH SERVICE QUALITY DAN AUTHENTICITY TERHADAP TOURIST SATISFACTION DENGAN MEMORABLE TOURISM EXPERIENCE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Wisatawan yang Telah Berkunjung ke Objek Wisata Pura Mangkunegaran, Surakarta

Anjani, Virania Nur (2024) PENGARUH SERVICE QUALITY DAN AUTHENTICITY TERHADAP TOURIST SATISFACTION DENGAN MEMORABLE TOURISM EXPERIENCE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Wisatawan yang Telah Berkunjung ke Objek Wisata Pura Mangkunegaran, Surakarta. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2. COVER_VIRANIA NUR ANJANI_152190037.pdf] Text
2. COVER_VIRANIA NUR ANJANI_152190037.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 1. SKRIPSI FULL_VIRANIA NUR ANJANI_152190037.pdf] Text
1. SKRIPSI FULL_VIRANIA NUR ANJANI_152190037.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[thumbnail of 3. HALAMAN PENGESAHAN_VIRANIA NUR ANJANI_152190037.pdf] Text
3. HALAMAN PENGESAHAN_VIRANIA NUR ANJANI_152190037.pdf

Download (505kB)
[thumbnail of 4. DAFTAR ISI_VIRANIA NUR ANJANI_152190037.pdf] Text
4. DAFTAR ISI_VIRANIA NUR ANJANI_152190037.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK_VIRANIA NUR ANJANI_152190037.pdf] Text
5. ABSTRAK_VIRANIA NUR ANJANI_152190037.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR PUSTAKA_VIRANIA NUR ANJANI_152190037.pdf] Text
6. DAFTAR PUSTAKA_VIRANIA NUR ANJANI_152190037.pdf

Download (113kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Service Quaity dan
Authenticity Terhadap Tourist Satisfaction dengan Memorable Tourism Experience
sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Wisatawan yang Telah Berkunjung ke Objek
Wisata Pura Mangkunegaran, Surakarta). Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh wisatawan yang telah melakukan kunjungan setidaknya dua kali di Objek
Wisata Pura Mangkunegaran, Surakarta yang jumlahnya tidak diketahui. Penelitian
ini menggunakan tipe explanatory dengan menggunakan metode kuantitatif.
Sampel dalam penelitian ini adalah wisatawan yang telah melakukan kunjungan
setidaknya dua kali pada Objek Wisata Pura Mangkunegaran. Ukuran sampel
dengan 165 responden didapatkan atas perhitungan rumus Machin, Campbell, Tan
dan Tan. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling. Teknik
analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan tabel data dan
persentase, serta analisis statistik inferensial menggunakan SEM AMOS dan Uji
Sobel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel service quality
berpengaruh signifikan terhadap memorable tourism experience, authenticity
berpengaruh signifikan terhadap memorable tourism experience, service quality
berpengaruh signifikan terhadap tourist satisfaction, authenticity berpengaruh
signifikan terhadap tourist satisfaction, memorable tourism experience
berpengaruh signifikan terhaap tourist satisfaction, service quality berpengaruh
signifikan terhadap tourist satisfaction melalui memorable tourism experience, dan
authenticity berpengaruh signifikan terhadap tourist satisfaction melalui
memorable tourism experience.
Berdasarkan hasil penelitian, Objek Wisata Pura Mangkunegaran harus
mampu mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan yang diberikan,
mempertahankan keautentikan, dan meningkatkan pengalaman wisata yang
berkesan, sehingga wisatawan menerima kesan yang baik mengenai objek wisata
tersebut dan memberikan dampak yaitu terciptanya kepuasan terhadap pengalaman
wisata di objek wisata tersebut.
Kata Kunci: Service Quality, Authenticity, Memorable Tourism Experience,
Tourist Satisfaction

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Service Quality, Authenticity, Memorable Tourism Experience, Tourist Satisfaction
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 28 Feb 2024 03:29
Last Modified: 28 Feb 2024 03:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38991

Actions (login required)

View Item View Item