PUTRA, RISKI USADA SETIYA (2024) PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP CITRA MEREK SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PELANGGAN GRAB (Studi Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
1. Skripsi Fulltext_152190074_Riski Usada Sp.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
2. Cover_152190074_Riski Usada Sp.pdf Download (142kB) |
|
Text
3. Abstrak_152190074_Riski Usada Sp.pdf Download (122kB) |
|
Text
4. Daftar Isi_152190074_Riski Usada Sp.pdf Download (137kB) |
|
Text
5. Daftar Pustaka_152190074_Riski Usada Sp.pdf Download (185kB) |
|
Text
6. Lembar Pengesahan_152190074_Riski Usada Sp.pdf Download (332kB) |
Abstract
Riski Usada Setiya Putra, Nomor Mahasiswa 152190074, Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”
Yogyakarta, Judul Penelitian “Pengaruh Green Marketing Terhadap Citra Merek serta
Dampaknya pada Loyalitas Pelanggan Grab (Studi Kasus Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis
UPN “Veteran” Yogyakarta), 2023, Dosen Pembimbing I Bapak Susanta dan Pembimbing II
Bapak Meilan
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Green Marketing Terhadap Citra Merek
serta Dampaknya pada Loyalitas Pelanggan Grab. Ukuran sampel pada penelitian ini sebanyak
79 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan
Purposive sampling dengan menggunakan kriteria tertentu. Analisis Data mengunakan
Analisis Statistik Deskriptif dan Analisis Inferensial yang menggunakan metode SEM
(Structural Equation Modelling) menggunakan SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Green Marketing (X) berpengaruh signifikan terhadap
Citra Merek (Z) dengan t-hitung sebesar 1.706. Green Marketing (X) berpengaruh signifikan
terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) dengan t-hitung sebesar 3.830. Citra Merek (Z) berpengaruh
tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) dengan t-hitung sebesar 1.102. Citra Merek
(Z) berpengaruh tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) melalui Citra Merek (Z)
dengan t-hitung sebesar 0.859.
Saran bagi Grab adalah memperkuat strategi green marketing yang mencakup Upaya
berkelanjutan seperti penggunaan armada yang ramah lingkungan, promosi yang berfokus pada
konsep berkelanjutan, serta berbagai inisiatif yang dapat meningkatkan citra merek dan
menarik konsumen untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Saran lainnya adalah
meningkatkan edukasi konsumen serta kesadaran konsumen mengenai upaya Grab menganai
kampanye berkelanjutan yang berkolaborasi dengan organisasi lingkungan hidup serta
pemantauan terhadap perkembangan pasar agar tetap relevan dan responsive terhadap
perubahan pasar.
Kata kunci: green marketing, citra merek, loyalitas pelanggan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | green marketing, citra merek, loyalitas pelanggan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md Apriliani Kusuma Wardhani |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 08:42 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 08:42 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38822 |
Actions (login required)
View Item |