Model Komunikasi Pemasaran dalam Menggunakan Media Sosial Instagram Untuk Meningkatkan Pendapatan (Studi pada THE 1o1 Yogyakarta Tugu Hotel)

Ernawati, Yuli (2024) Model Komunikasi Pemasaran dalam Menggunakan Media Sosial Instagram Untuk Meningkatkan Pendapatan (Studi pada THE 1o1 Yogyakarta Tugu Hotel). Masters thesis, UPN Veteran Yogyajarta.

[thumbnail of ABSTRAK.PDF] Text
ABSTRAK.PDF

Download (507kB)
[thumbnail of COVER_BARU.PDF] Text
COVER_BARU.PDF

Download (408kB)
[thumbnail of DAFTAR_ISI.PDF] Text
DAFTAR_ISI.PDF

Download (491kB)
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.PDF] Text
DAFTAR_PUSTAKA.PDF

Download (469kB)
[thumbnail of PENGESAHAN_PANITIA_PENGUJI_.PDF] Text
PENGESAHAN_PANITIA_PENGUJI_.PDF

Download (139kB)
[thumbnail of PERNYATAAN_KEASLIAN_DAN_PER.PDF] Text
PERNYATAAN_KEASLIAN_DAN_PER.PDF

Download (167kB)
[thumbnail of TESIS_YULI_ERNA_MIKOM_FULL.PDF] Text
TESIS_YULI_ERNA_MIKOM_FULL.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

vii
ABSTRAK
Media sosial telah menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran di berbagai industri,
termasuk sektor perhotelan. Instagram merupakan salah satu platform dari media sosial yang
menjadi salah satu media komunikasi pemasaran yang signifikan. Instagram dengan tampilan
visual yang menarik mampu menjangkau dan memikat target demografi tertentu. Perencanaan
komunikasi pemasaran meliputi pemanfaatan fitur Instagram untuk beberapa kegiatan promosi.
Hotel memanfaatkan platform media sosial untuk menginformasikan produk dan layanan hotel,
serta melakukan interaksi dengan audiens yang diharapkan bisa membangun kedekatan dengan
audiens sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model komunikasi pemasaran yang
tepat dan diterapkan pada konsep komunikasi pemasaran melalui media sosial Instagram di
THE 1o1 Yogyakarta Tugu Hotel. Teori yang digunakan adalah konsep 4 P (Product, Place,
Price, Promotion) dalam komunikasi pemasaran dan model komunikasi Wilbur Shramm.
Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif serta pengumpulan data melalui wawancara
terhadap Manager Marketing Communication sebagai pengelola akun Instagram hotel. Hasil
dari penelitian ini adalah ditemukannya model komunikasi pemasaran melalui media sosial
Instagram yang relevan untuk diterapkan di THE 1o1 Yogyakarta Tugu Hotel. Kesimpulan
pada penelitian ini adalah Instagram sebagai salah satu media komunikasi pemasaran untuk
menyampaikan produk dan layanan hotel kepada audiensnya.
Kata kunci : Komunikasi pemasaran, media sosial, Instagram
viii
ABSTRACT
Social media has become an important element in marketing strategies in various industries,
including the hospitality sector. Instagram is one of the platforms of social media has become
one of the significant marketing communication media. Instagram with an attractive visual
display is able to reach and attract certain target demographics. Marketing communication
planning includes utilizing Instagram features for several promotional activities. The hotel
utilizes social media platforms to inform the hotel's products and services, as well as to interact
with the audience which is expected to build closeness with the target audience. The research
aims to find the right marketing communication model and apply it to the concept of marketing
communication through Instagram social media at THE 1o1 Yogyakarta Tugu Hotel. The
theory used is the concept of 4 P (Product, Place, Price, Promotion) in marketing
communication and Wilbur Shramm's communication model. Researchers used descriptive
qualitative methods and data collection through interviews with the Marketing Communication
Manager as the manager of the hotel's Instagram account. The result of this research is the
discovery of a marketing communication model through Instagram social media that is relevant
to be applied at THE 1o1 Yogyakarta Tugu Hotel. The conclusion of this research is Instagram
as one of the marketing communication media to convey hotel products and services to its
audience.
Keywords: Marketing communication, social media, Instagram

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Marketing communication, social media, Instagram
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 01 Feb 2024 05:23
Last Modified: 01 Feb 2024 05:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38815

Actions (login required)

View Item View Item