HIDAYAT, TAUFIK (2023) ANALISIS USER EXPERIENCE APLIKASI JOGJA SMART SERVICE MENGGUNAKAN METODE HEART FRAMEWORK. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
Abstrak.pdf Download (33kB) |
|
Text
Cover.pdf Download (112kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (94kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (207kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan Pembimbing dan Penguji.pdf Download (877kB) |
|
Text
Skripsi Fulltext_124180018_Taufik Hidayat.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Berdasarkan observasi penelitian terhadap aplikasi Jogja Smart Service belum
terdapat penelitian terkait pengalaman pengguna dari aplikasi tersebut. Berdasarkan
wawancara yang dilakukan, didapatkan informasi bahwa aplikasi Jogja Smart Service
merupakan aplikasi dengan banyak layanan yang membantu masyarakat Kota Yogyakarta
untuk administrasi dan sebagainya dalam satu aplikasi, dapat dikatakan bahwa apliaksi
Jogja Smart Service diciptakan dan dikembangkan dapat membantu masyarakat secara
opimal sehingga dalam penggunaanya perlu adanya penelitian terkait aplikasi tersebut.
Salah satu metode yang dapat memahami terkait user experience adalah HEART
Framework.
Penelitian ini menggunakan seluruh variabel pada metode HEART untuk melakukan
analisis terkait user experience pada aplikasi Jogja Smart Service yaitu Happiness,
Engagement, Adoption, Retention dan Task Success. Data yang digunakan dalam penelitian
didapatkan dari hasil kuesioner secara daring serta pengambilan data kepada instansi.
Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang telah melakukan akses
terhadap aplikasi Jogja Smart Service. Data tersebut kemudian diolah menggunakan SPSS
versi 26.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 3 dari 5 set goals-signals-metrics pada
metode HEART untuk aplikasi Jogja Smart Service yang diharapkan pihak instansi
tercapai karena nilai metrics yang didapatkan sudah sesuai target instansi serta berdasarkan
perhitungan dari masing-masing metrik goals tersebut sudah tercapai. Adapun goals yang
tercapai yaitu pada variabel happiness, engagement,retention dan task success. Namun
untuk variabel adoption tidak tercapai. Maka dari itu pada penelitian ini diharapkan
Diskominfo Kota Yogyakarta perlu memperbaiki strategi adoption untuk mempertahankan
pengunjung pada periode-periode selanjutnya.
Kata Kunci : Diskominfo Kota Yogyakarta, Analisis Pengalaman Pengguna, HEART
Framework, SPSS
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Diskominfo Kota Yogyakarta, Analisis Pengalaman Pengguna, HEART Framework, SPSS |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 07:40 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 07:40 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38610 |
Actions (login required)
View Item |