Mailinda, Mailinda (2023) PENGARUH EFEK PENERIMAAN PESAN KAMPANYE #LOVEAVOSKINLOVEEARTH DI INSTAGRAM @AVOSKINBEAUTY TERHADAP BRAND IMAGE AVOSKIN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyajarta.
Text
1. Skripsi Fulltext_154190021_Mailinda.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
2. Cover_154190021_Mailinda.pdf Download (149kB) |
|
Text
3. Abstrak_154190021_Mailinda.pdf Download (9kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_154190021_Mailinda.pdf Download (103kB) |
|
Text
5. Daftar Isi_154190021_Mailinda.pdf Download (67kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_154190021_Mailinda.pdf Download (145kB) |
Abstract
xvii
ABSTRAK
Perkembangan industri kecantikan di dunia akhirnya berimbas kepada
perkembangan industri kecantikan di Indonesia. Perkembangan ini memunculkan
isu atau masalah baru yakni adanya penumpukan sampah. Penumpukan sampah ini
diakibatkan oleh kemasan produk yang hanya dapat digunakan sekali pakai.
Avoskin mempunyai visi untuk mengurangi adanya penumpukan sampah tersebut
dengan menyuarakan kampanye di Instagram @avoskinbeauty. Kampanye menjadi
salah satu cara yang tepat untuk menginformasikan suatu isu atau masalah agar
menjadi mudah dimengerti oleh khalayak sehingga akan ada perubahan sikap dan
perilaku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
efek penerimaan pesan kampanye #LoveAvoskinLoveEarth terhadap sikap
pengikut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan survey sebagai
metode pengambilan sampel. Penelitian dilakukan pada pengikut akun Instagram
@avoskinbeauty yaitu sebanyak 680.000 orang. Penelitian ini menggunakan teknik
sampling purposive yang menghasilkan 100 orang sampel. Penelitian ini
menggunakan teori Elaboration Likelihood Model (ELM) untuk mengetahui
bagaimana informasi atau pesan dapat memengaruhi sikap seseorang. Hasil
penelitian ini menunjukan ada pengaruh yang signifikan antara efek penerimaan
pesan kampanye #LoveAvoskinLoveEarth terhadap Brand Image Avoskin sebesar
0,629 yang berarti menunjukan hubungan yang kuat.
Kata Kunci: Kampanye, Elaboration Likelihood Model (ELM), Avoskin
xviii
ABSTRACT
The development of the beauty industry in the world has finally had an impact on
the development of the beauty industry in Indonesia. This development raises a new
issue or problem, namely the accumulation of waste. This waste buildup is caused
by product packaging that can only be used once. Avoskin has a vision to reduce
the accumulation of waste by voicing a campaign on Instagram @avoskinbeauty.
Campaigns are one of the right ways to inform an issue or problem so that it
becomes easily understood by the audience so that there will be changes in attitudes
and behavior. The purpose of this research is to determine whether there is an effect
of the message of the #LoveAvoskinLoveEarth campaign on followers' attitudes.
This study uses a quantitative method with a survey as a sampling method. The
research was conducted on followers of the Instagram account @avoskinbeauty,
namely 680,000 people. This study used a purposive sampling technique which
produced 100 samples. This study uses the Elaboration Likelihood Model (ELM)
theory to find out how information or messages can influence a person's attitude.
The results of this study indicate that there is a significant effect between the effect
of #LoveAvoskinLoveEarth campaign message on Avoskin's Brand Image of 0.629
which means it shows a strong relationship.
Keyboard: Campaign, Elaboration Likelihood Model (ELM), Avoskin
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Campaign, Elaboration Likelihood Model (ELM), Avoskin |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 01:11 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 01:11 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37235 |
Actions (login required)
View Item |