FADILLAH, SUYA RAMA (2023) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Tahun 2019-2020). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyajarta.
Text
1. Skripsi Fulltext_141180264_Suya Rama Fadillah.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
2. Cover_141180264_Suya Rama Fadillah.pdf Download (143kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_141180264_Suya Rama Fadillah.pdf Download (282kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_141180264_Suya Rama Fadillah.pdf Download (212kB) |
|
Text
3. Abstrak_141180264_Suya Rama Fadillah.pdf Download (324kB) |
|
Text
5. Daftar Isi_141180264_Suya Rama Fadillah.pdf Download (224kB) |
Abstract
vii
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN
LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
(Studi pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di
BEI Tahun 2019-2020)
Oleh: Suya Rama Fadillah
NIM: 141180264
Email: suya.rama@gmail.com
Mahasiswa Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan,
profitabilitas, dan leverage terhadap nilai perusahaan pada perusahaan industri
barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Nilai perusahaan
diproksikan dengan Price Book Value (PBV). Ukuran perusahaan diproksikan
dengan Ln Total Aset, profitabilitas diproksikan dengan Return on Equity (ROE),
dan Leverage diproksikan dengan Debt Ratio (DAR). Periode dalam penelitian
yang digunakan ini adalah 2019-2020. Populasi penelitian ini adalah semua emiten
industri barang konsumsi dengan jumlah 46 perusahaan pada tahun 2019 dan 50
perusahaan pada tahun 2020 sehingga populasi keseluruhan berjumlah 96
perusahaan. Pengujian dilakukan menggunakan uji regresi berganda, uji model
regresi dengan uji F dan koefisien determinasi (R2), dan koefisien regresi dengan
uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel profitabilitas
dan leverage berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan pada perusahaan
industri barang konsumsi. Sedangkan variabel ukuran perusahaan tidak
berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan industri barang konsumsi.
Secara simultan, semua variabel yaitu ukuran perusahaan, profitabilitas, dan
leverage berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan pada perusahaan industri
barang konsumsi. Kemampuan prediksi dari ketiga variabel terhadap nilai
perusahaan sebesar 65,8% sebagaimana ditunjukan oleh besarnya adjusted R
square sebesar 0,658 sedangkan sisanya 34,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang
tidak dimasukkan ke dalam model penelitian.
Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Nilai Perusahaan,
Perusahaan Industri Barang Konsumsi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Nilai Perusahaan, Perusahaan Industri Barang Konsumsi |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 01:12 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 01:12 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/35957 |
Actions (login required)
View Item |