ANALISIS USER EXPERIENCE PADA WEBSITE LAYANAN KEMAHASISWAAN MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ) KPI DAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) (STUDI KASUS: UPN “VETERAN” YOGYAKARTA)

WENERDA, VIVO PUTRI (2023) ANALISIS USER EXPERIENCE PADA WEBSITE LAYANAN KEMAHASISWAAN MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ) KPI DAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) (STUDI KASUS: UPN “VETERAN” YOGYAKARTA). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of (1) COVER_124190029_Vivo Putri Wenerda.pdf] Text
(1) COVER_124190029_Vivo Putri Wenerda.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of (2) HALAMAN PENGESAHAN ttd_124190029_Vivo Putri Wenerda.pdf] Text
(2) HALAMAN PENGESAHAN ttd_124190029_Vivo Putri Wenerda.pdf

Download (553kB)
[thumbnail of (3) ABSTRACK_124190029_Vivo Putri Wenerda.pdf] Text
(3) ABSTRACK_124190029_Vivo Putri Wenerda.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of (4) DAFTAR ISI_124190029_Vivo Putri Wenerda.pdf] Text
(4) DAFTAR ISI_124190029_Vivo Putri Wenerda.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of (10) DAFTAR PUSTAKA_124190029_Vivo Putri Wenerda.pdf] Text
(10) DAFTAR PUSTAKA_124190029_Vivo Putri Wenerda.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of Naskah Tugas Akhir ttd_124190029_Vivo Putri Wenerda.pdf] Text
Naskah Tugas Akhir ttd_124190029_Vivo Putri Wenerda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Layanan kemahasiswaan merupakan suatu kegiatan yang terjadi berupa interaksi
langsung antara pimpinan/dosen/karyawan dengan mahasiswa secara fisik dan menyediakan
kepuasan mahasiswa. Kondisi layanan kemahasiswaan yang mulai berbeda ketika adanya
penyebaran Virus Corona (COVID-19). Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan, dan
Kerjasama (AKPK) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta
mengembangkan website Layanan Kemahasiswaan yang memungkinkan mahasiswa untuk
mengajukan permintaan Surat Keterangan, pendaftaran Beasiswa, pendataan Prestasi
mahasiswa, pemrosesan kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa, dan layanan Alumni,
secara online. Meskipun demikan, berdasarkan wawancara singkat dengan perwakilan Biro
Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan, dan Kerjasama Universitas Pembangunan
Nasional “Veteran” Yogyakarta didapatkan beberapa fitur belum disinkronkan dengan data
serupa yang dimiliki oleh universitas. Survei singkat yang dilakukan kepada beberapa
mahasiswa juga dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan website belum optimal untuk
memenuhi kebutuhan mahasiswa dan perlu dilakukan perbaikan. Analisis user experience
dapat dilakukan untuk mendapatkan bahan evaluasi ketika Biro AKPK UPN “Veteran”
Yogyakarta mengembangkan website lebih lanjut.
Penelitian ini menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) KPI
Extension yang memiliki 6 aspek penilaian yaitu Attractiveness, Perspicuity, Efficiency,
Dependability, Stimulation, dan Novelty. Selanjutnya dikombinasikan dengan penggunaan
quadrant analysis metode IPA yang memiliki 2 aspek penilaiannya yaitu Importance dan
Performance. Kuesioner UEQ KPI Extension ini melibatkan 102 responden yang selanjutnya
data diolah menggunakan SPSS dan UEQ Analysis Data Tools.
Hasil pengujian user experience pada website Layanan Kemahasiswaan
menggunakan metode UEQ, mendapatkan kategori Good untuk aspek Efficiency (1.56) dan
Dependability (1.57), kategori Above average untuk aspek Attractiveness (1.28), Perspicuity
(1.57), dan Stimulation (1.15) serta kategori Bad pada Novelty (-0.27). Pemetaan hasil UEQ
KPI Extension kepada quadrant IPA, mendapatkan hasil aspek Attractiveness, Perspicuity,
Efficiency, dan Dependability berada pada Quadrant 1, aspek Stimulation berada pada
Quadrant 2, aspek Novelty berada pada Quadrant 3, dan tidak ada aspek yang berada pada
Quadrant 4. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai user
experience dari pengguna akhir sudah baik. Rekomendasi prioritas perbaikan untuk website
Layanan Kemahasiswaan lebih lanjut dapat memprioritaskan pada aspel Novelty yang
berada pada Quadrant 3 dan kondisi Bad.
Kata kunci: User Experience, UEQ KPI, IPA (Importancce Performance Analysis), Website
Layanan Kemahasiswaan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: User Experience, UEQ KPI, IPA (Importancce Performance Analysis), Website Layanan Kemahasiswaan.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri
Date Deposited: 12 Jun 2023 08:55
Last Modified: 12 Jun 2023 08:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/35884

Actions (login required)

View Item View Item