PERUMUSAN STRATEGI BISNIS MENGGUNAKAN MATRIKS SWOT DAN QSPM GUNA MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING (Studi Kasus Pada Kedai Bakso Pajero)

ANDRIANA, SARITA (2023) PERUMUSAN STRATEGI BISNIS MENGGUNAKAN MATRIKS SWOT DAN QSPM GUNA MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING (Studi Kasus Pada Kedai Bakso Pajero). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyajarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (217kB)

Abstract

ABSTRAKSI
Sarita Andriana, Nomor Induk Mahasiswa 152180117, Jurusan Ilmu Administrasi
Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional
“Veteran” Yogyakarta. Judul penelitian “PERUMUSAN STRATEGI BISNIS
MENGGUNAKAN MATRIKS SWOT DAN QSPM GUNA MENINGKATKAN
KEUNGGULAN BERSAING (Studi Kasus Pada Kedai Bakso Pajero)”.
Pembimbing Indro Herry Mulyanto dan Meilan Sugiarto.
Kedai Bakso Pajero merupakan unit bisnis yang bergerak diindustri kuliner
dengan konsep syariah. Kedai Bakso Pajero berusaha menguasai pasar yang
penuh akan penawaran menarik yang kurang lebih sama antara satu outlet dengan
yang lain, banyaknya produk yang homogen (relatif sama), serta harga yang tidak
jauh berbeda membuat Kedai Bakso Pajero harus memiliki strategi untuk
memenangkan persaingan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui
strategi bisnis yang tepat untuk meningkatkan keunggulan bersaing Kedai Bakso
Pajero sehingga dapat memenangkan persaingan pasar.
Penelitian ini tipe deskriptif dengan sumber data primer yang diperoleh melalui
wawancara dan kuisioner terhadap 18 (delapan belas) informan yang dipilih
menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis pada penelitian ini
menggunakan 3 (tiga) tahap perumusan strategi yaitu Tahap 1 Input : Matriks IFE
dan EFE, Tahap 2 Pencocokan : Matriks SWOT, dan Tahap 3 Keputusan :
Matriks QSPM.
Pada tahap I input dihasilkan matriks IFE dengan skor 2.94 dan matriks EFE 2.65,
hasil penilaian tersebut menjadi dasar pada tahap selanjutnya yaitu tahap 2
Pencocokan, hasil tersebut menunjukkan koordinat posisi kinerja Kedai Bakso
Pajero terletak di kuadran I yang artinya strategi yang cocok digunakan yaitu
strategi agresif atau strategi SO (Strenght-Opportunity). Hasil keputusan pada
tahap 3 menggunakan matriks QSPM menunjukan total nilai ketertarikan paling
tinggi dengan skor 5.560 yatu menciptakan produk unggulan dengan strategi
pengembangan produk yang lebih inovatif, jika dikaitkan dengan strategi
keunggulan bersaing berdasarkan strategi generik porter strategi yang layak
digunakan yaitu strategi diferensiasi
Saran yang dapat diterapkan oleh Kedai Bakso Pajero berdasarkan strategi
diferensiasi yaitu dengan menambahkan variasi produk, kualitas produk yang
lebih baik, menciptakan keunikan pada tampilan produk, dan membuat produk
unik yang belum ada dipasaran.
Kata Kunci : Strategi Bisnis, Keunggulan Bersaing, SWOT, QSPM
vi

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Bisnis, Keunggulan Bersaing, SWOT, QSPM
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 04 May 2023 03:22
Last Modified: 04 May 2023 03:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/34994

Actions (login required)

View Item View Item