Safitri, Adelia (2022) PENGARUH MEMORABLE CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PELANGGAN (Studi pada Pelanggan Gen-Z Restoran KFC). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
| 
              
Text
 1. Skripsi Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB)  | 
          |
| 
              
Text
 2. Abstrak.pdf Download (86kB)  | 
          |
| 
              
Text
 3. Cover.pdf Download (112kB)  | 
          |
| 
              
Text
 4. Halaman Pengesahan.pdf Download (292kB)  | 
          |
| 
              
Text
 5. Daftar Isi.pdf Download (52kB)  | 
          |
| 
              
Text
 6. Daftar Pustaka.pdf Download (104kB)  | 
          
Abstract
Adelia Safitri, Nomor Induk Mahasiswa 152180106, Jurusan Ilmu 
Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul Penelitian “Pengaruh 
Memorable Customer Experience terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya 
pada Loyalitas Pelanggan” (Studi pada Pelanggan Gen-Z Restoran KFC). Dosen 
Pembimbing I Susanta dan Dosen Pembimbing II Hastho Joko Nur Utomo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Memorable Customer 
Experience terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya pada Loyalitas 
Pelanggan (Studi pada Pelanggan Gen-Z Restoran KFC). Populasi dalam penelitian 
ini adalah pelanggan KFC yang tergolong dalam Gen-Z dan pernah melakukan 
pembelian di restoran KFC. Penelitian ini menggunakan tipe explanatory dengan 
pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini merupakan pelanggan Gen-Z, yaitu 
berumur 10-25 tahun dan pernah melakukan pembelian di restoran KFC minimal 
dua kali dalam kurun waktu 10 bulan terakhir. Ukuran sampel sebanyak 94 
responden. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling. 
Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik 
inferensial menggunakan metode SEM melalui program SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Memorable Customer 
Experience berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, Memorable 
Customer Experience berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, 
Kepuasan Pelanggan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, dan 
Memorable customer experience berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas 
Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan.
Berdasarkan hasil penelitian, restoran KFC diharapkan dapat meningkatkan 
pengalaman pelanggan yang berkesan dengan melakukan inovasi mengenai 
program pelayanan yang baru, seperti memanfaatkan teknologi dengan 
menciptakan buzz di media. Penciptaan kepuasan pelanggan juga perlu ditingkatkan 
dengan memberdayakan fitur Feedback KFC secara maksimal di restoran. Umpan 
balik yang disampaikan pelanggan dan telah diperbaiki oleh manajemen KFC 
diharapkan dapat memenuhi harapan pelanggan secara lebih efektif dan tepat 
sasaran. Perhatian pada penciptaan loyalitas pelanggan perlu diupayakan dengan 
memberikan hadiah atau keuntungan bagi pelanggan loyal, seperti pemberian 
diskon atau hadiah pada pelanggan yang pernah melakukan pembelian produk pada 
jumlah tertentu.
Kata Kunci: Memorable Customer Experience, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas 
Pelanggan
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Memorable Customer Experience, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan | 
| Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | 
| Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences | 
| Depositing User: | A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri | 
| Date Deposited: | 02 Jan 2023 06:41 | 
| Last Modified: | 02 Jan 2023 06:41 | 
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32148 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
