PERSONAL BRANDING DI MEDIA SOSIAL LINKEDIN (Studi Netnografi terhadap Mahasiswa Pengguna Media Sosial Linkedin)

Mellania, Graceilla (2022) PERSONAL BRANDING DI MEDIA SOSIAL LINKEDIN (Studi Netnografi terhadap Mahasiswa Pengguna Media Sosial Linkedin). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_153180092_Graceilla Mellania.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_153180092_Graceilla Mellania.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2. Cover _153180092_Graceilla Mellania.pdf] Text
2. Cover _153180092_Graceilla Mellania.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153180092_Graceilla Mellania.pdf] Text
3. Abstrak_153180092_Graceilla Mellania.pdf

Download (18kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153180092_Graceilla Mellania.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153180092_Graceilla Mellania.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153180092_Graceilla Mellania.pdf] Text
5. Daftar Isi_153180092_Graceilla Mellania.pdf

Download (19kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153180092_Graceilla Mellania.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153180092_Graceilla Mellania.pdf

Download (58kB)

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi dan pandemi COVID-19 turut
mempengaruhi penggunaan media sosial dan cara organisasi beroperasi. Media sosial
khususnya Linkedin saat ini dipergunakan untuk keperluan profesional khususnya pada
proses perekrutan. Saat ini penting bagi mahasiswa untuk melakukan personal
branding untuk mempersiapkan karir mereka. Penelitian mengenai personal branding
mahasiswa di media sosial Linkedin ini, bertujuan untuk mengetahui bagaimana
mahasiswa melakukan personal branding dan manfaat yang mereka dapatkan dari
proses personal branding. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif
menggunakan metode netnografi dengan teknik analisis data tematik pada 20
mahasiswa dari tujuh universitas di Indonesia. Penelitian ini menggunakan model
Personal Branding Autentik Rampersad dan konsep Personal Branding Montoya.
Penelitian ini menemukan bahwa mahasiswa telah menentukan ambisi dan
merumuskan personal brand mereka namun belum dapat mengevaluasi dan
mengembangkan personal brand mereka. Mahasiswa menampilkan spesialisasi,
kepemimpinan, membedakan personal brand mereka dengan individu lain, cukup
konsisten menggunakan Linkedin sehingga dapat terlihat, memiliki kesatuan antara
personal brand yang mereka bangun dengan keseharian mereka, memiliki keteguhan
mengenai brand yang mereka bentuk, memiliki nama baik namun belum menunjukan
kepribadian secara apa adanya. Personal branding membuat mahasiswa dapat
memaknai dan menceritakan pengalamannya, semakin menerima diri, lebih percaya
diri, menimbulkan perasaan senang dan bangga, mengenal potensi yang harus dapat
mereka kembangkan. Personal branding memiliki manfaat dalam memulai karir
mereka dan memperlancar proses rekrutmen mereka.
Kata kunci: Personal Branding, Linkedin, Mahasiswa, Media Sosial, Netnografi

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Personal Branding, Linkedin, Mahasiswa, Media Sosial, Netnografi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri
Date Deposited: 30 Sep 2022 03:20
Last Modified: 30 Sep 2022 03:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31174

Actions (login required)

View Item View Item