Khanifah, Khasnak (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DAN PREFERENSI KONSUMEN PADA ERISTA GRIYO DHAHAR DI PAKEM SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.
Text
Daftar Isi Skripsi_135180014_Khasnak Khanifah.pdf Download (33kB) |
|
Text
Skripsi_135180014_Khasnak Khanifah.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Abstrak Skripsi_135180014_Khasnak Khanifah.pdf Download (23kB) |
|
Text
Cover Skripsi_135180014_Khasnak Khanifah.pdf Download (77kB) |
|
Text
Lembar pengesahan skripsi_135180014_Khasnak Khanifah.pdf Download (150kB) |
|
Text
Daftar Pustaka Skripsi_135180014_Khasnak Khanifah.pdf Download (84kB) |
|
Text
Daftar Pustaka Skripsi_135180014_Khasnak Khanifah.pdf Download (84kB) |
Abstract
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DAN PREFERENSI
KONSUMEN PADA ERISTA GRIYO DHAHAR DI PAKEM
SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Oleh : Khasnak Khanifah
Dibimbing oleh : Antik Suprihanti dan Budiarto
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis faktor internal dan eksternal
pada Erista Griyo Dhahar (2) Menganalisis strategi pemasaran yang tepat pada
Erista Griyo Dhahar (3) Menganalisis preferensi konsumen terhadap atribut
produk, harga, lokasi, promosi, fasilitas dan pelayanan di Erista Griyo Dhahar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif
dengan pendekatan studi kasus. Adapun metode penentuan responden dengan
purposive dan Accidental sampling. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah
data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu
wawancara, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Pengujian instrumen
menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis SWOT, QSPM dan analisis konjoin. Hasil penelitian
menunjukkan (1) faktor internal dan eksternal Erista Griyo Dhahar meliputi
kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Kekuatan utama yaitu produk
andalan yang unik yaitu berasal dari bunga telang. Kelemahan utama yang
dimiliki adalah tempat makan dibuat ruang terbuka dan beberapa tidak bangunan
permanen. Peluang utama yaitu membuat cabang restoran dengan konsep yang
sesuai target pasarnya. Ancaman utama adalah adanya pesaing restoran dengan
konsep serupa. (2) Strategi pemasaran yang tepat pada Erista Griyo Dhahar yaitu
strategi intensif dengan melakukan promosi yang intensif melalui berbagai sosial
media. (3) Preferensi konsumen yang paling dipertimbangkan adalah atribut harga
dan kombinasi level atribut yang paling disukai adalah kombinasi paket nasi biru,
harga murah, lokasi dekat tempat tinggal, promosi dengan potongan harga,
fasilitas tanaman hias dan pelayanan yang tanggap.
Kata kunci : Konjoin, Preferensi konsumen, Strategi pemasaran, SWOT, QSPM.
ANALYSIS OF MARKETING STRATEGY AND CONSUMER
PREFERENCES AT ERISTA GRIYO DHAHAR IN PAKEM SLEMAN,
YOGYAKARTA SPECIAL REGION
By : Khasnak Khanifah
Supervised by : Antik Suprihanti dan Budiarto
ABSTRACT
This study aims to (1) analyze internal and external factors on Erista Griyo
Dhahar (2) analyze the appropriate marketing strategy on Erista Griyo Dhahar
(3) analyze consumer preferences for products, prices, locations, promotions,
facilities and services at Erista Griyo Dhahar. The method used in this study is a
quantitative research method with a case study approach. The method for
determining respondents was purposive and accidental sampling. This study used
primary data and secondary data. The method of data collection used were
interviews, questionnaires, observation and documentation. Evaluating the
instrument with validity and reliability tests. This study used SWOT analysis,
QSPM and conjoint analysis. The results showed (1) Erista Griyo Dhahar's
internal and external factors include strengths, weaknesses, opportunities and
threats. The main strength is the unique flagship product that comes from the
telang flower. The main Weakness is that the dining area is an open space and
some are not permanent buildings. The main opportunity is to create a restaurant
branch with a concept according to the target market. The main threat is there
are restaurant competitors with a similar concept. (2) The marketing strategy for
Erista Griyo Dhahar was an intensive strategy of intensively promoting via social
media. (3) The most considered consumer preference is the price attribute and the
most preferred combination of attribute levels is the combination of blue rice
packages, low prices, location close to a home, promotions with discounted prices,
facilities for a plants store, and responsive services.
Keywords : Conjoint, Consumer preference, Marketing strategy, SWOT, QSPM.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Conjoint, Consumer preference, Marketing strategy, SWOT, QSPM. |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 30 Sep 2022 03:03 |
Last Modified: | 30 Sep 2022 03:03 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31171 |
Actions (login required)
View Item |