FORMULASI ALTERNATIF STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA INDUSTRI JASA PENGINAPAN DENGAN PENDEKATAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (Studi pada Hotel Cyka Raya, Gunungkidul, Yogyakarta)

TAMARA, EVA HANIN (2022) FORMULASI ALTERNATIF STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA INDUSTRI JASA PENGINAPAN DENGAN PENDEKATAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (Studi pada Hotel Cyka Raya, Gunungkidul, Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Cover Skripsi _152170070_Eva Hanin Tamara.pdf] Text
1. Cover Skripsi _152170070_Eva Hanin Tamara.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of 2. Halaman Pengesahan Skripsi _152170070_Eva Hanin Tamara.pdf] Text
2. Halaman Pengesahan Skripsi _152170070_Eva Hanin Tamara.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of 3. Daftar Isi Skripsi _152170070_Eva Hanin Tamara.pdf] Text
3. Daftar Isi Skripsi _152170070_Eva Hanin Tamara.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4. Abstraksi Skripsi _152170070_Eva Hanin Tamara.pdf] Text
4. Abstraksi Skripsi _152170070_Eva Hanin Tamara.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of 5. Daftar Pustaka Skripsi _152170070_Eva Hanin Tamara.pdf] Text
5. Daftar Pustaka Skripsi _152170070_Eva Hanin Tamara.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of 6. Skripsi Fulltex_152170070_Eva Hanin Tamara.pdf] Text
6. Skripsi Fulltex_152170070_Eva Hanin Tamara.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui formulasi alternatif strategi
bauran pemasaran dan prioritas strategi pada industri jasa penginapan serta faktor-faktor lingkungan eksternal dan lingkungan internal yang mempengaruhinya. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah non-random sampling dengan jenis purposive sampling. Jumlah
informan pada penelitian ini sebanyak 8 (delapan) orang informan. Objek pada
penelitian adalah Hotel Cyka Raya yang terletak di Kec.Wonosari,
Kab.Gunungkidul, Yogyakarta. Teknik analisis data menggunakan pendekatan
analisis strategi pemasaran melalui 3 (tiga) tahapan analisis data secara kuantitatif
yaitu Tahap 1 Input menggunakan matriks EFE dan IFE, Tahap 2 Pencocokan
menggunakan matriks SWOT, dan Tahap 3 Keputusan menggunakan QSPM..
Hasil analisis tahap 1 menyatakan 12 (dua belas) faktor kunci eksternal dan
16 (enam belas) faktor kunci internal yang dapat berpengaruh pada formulasi
strategi. Hasil analisis tahap 2 terdapat 8 (delapan) alternatif strategi bauran
pemasaran yang didapatkan dari pencocokan faktor-faktor eksternal dan internal.
Hasil prioritas strategi pemasaran dari perhitungan matriks QSPM pada tahap 3
adalah memaksimalkan penggunaan online travel agency (OTA) untuk
meningkatkan penjualan hotel.
Saran dari peneliti untuk Hotel Cyka Raya dapat memaksimalkan dan
memperluas jangkauan promosi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi,
menerapkan prioritas strategi, membentuk tim khusus untuk bagian pemasaran dan
promosi, dan melakukan riset untuk mempertahankan dan mengembangkan
kualitas layanan hotel.
Kata Kunci : Strategi pemasaran, matriks EFE, matriks IFE, matriks SWOT, dan QSPM

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, matriks EFE, matriks IFE, matriks SWOT, dan QSPM
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 27 Sep 2022 04:33
Last Modified: 27 Dec 2022 04:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31078

Actions (login required)

View Item View Item